TAMIANG LAYANG, metro7.co.id – Pj Ketua TP-PKK Kabupaten Barito Timur, Melly Novita menghadiri sekaligus membuka acara pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan dan Peternakan daerah setempat. Pelatihan tersebut dilaksanakan di Aula Rapat Pemerintah Desa Tewah Pupuh, Kecamatan Benua Lima, Jumat 19 Juli 2024, pagi.

Dalam sambutanya, Pj Ketua TP PKK Barito Timur, mengucapkan terima kasih kepada Dinas Perikanan dan Peternakan Kabupaten Barito Timur yang telah menyelenggarakan kegiatan yang sangat bermanfaat ini, serta kepada seluruh panitia dan peserta yang telah hadir.

Menurutnya, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan kader PKK dari tiap kecamatan dan kader PKK Kabupaten dalam mengolah ikan patin menjadi abon ikan.

Dirinya berharap kegiatan ini dapat memberikan nilai tambah bagi produk perikanan lokal dan meningkatkan pendapatan keluarga.Kegiatan ini juga sejalan dengan tugas dan fungsi Pokja II PKK dalam membina Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga
(UP2K).

Iya mengatakan, Pokja II PKK memiliki
peran penting dalam pemberdayaan keluarga melalui pendidikan dan keterampilan. Salah satu fokus utama kita adalah membina UP2K dengan meningkatkan keterampilan ibu-ibu dalam mengolah sumberdaya alam yang ada di sekitar, salah satunya adalah ikan patin yang melimpah di wilayah ini.

“Dengan keterampilan ini, kita dapat menciptakan produk-produk yang bernilai jual tinggi dan membuka peluang usaha baru bagi keluarga,” katanya.

Melalui pelatihan ini, pihaknya juga mendukung program pemerintah dalam upaya peningkatan konsumsi ikan nasional. Ikan patin merupakan sumber protein yang sangat baik untukkesehatan, dan dengan mengolahnya menjadi abon, dan dapat memperpanjang masa simpan produk tersebut sehingga lebih mudah didistribusikan dan dikonsumsi oleh masyarakat luas.

“Saya berharap, setelah mengikuti pelatihan ini, ibu-ibudapat mengaplikasikan ilmu yang didapatkan dan menjadimotor penggerak dalam memajukan ekonomi keluarga dandesa,” harapnya.

Dirinya mengajak kepada semua agar bersama-sama mengembangkan potensi lokal kita, membangun kemandirian, dan
meningkatkan kesejahteraan keluarga melalui kreativitas dan inovasi.

“Terima kasih kepada para narasumber dan instruktur yang telah bersedia meluangkan waktu dan berbagi ilmu kepada kita semua. Semoga ilmu yang kita peroleh hari inidapat bermanfaat dan membawa berkah bagi kita semua,” pungkasnya. ***