TAMIANG LAYANG – Sama seperti desa lain, Pemerintah Desa Ampah II Kabupaten Barito Timur juga menganggarkan dana desa untuk penanganan covid 19 atau virus corona.

Kades Ampah II M Kusairi mengatakan, pihaknya menganggarkan dana desa untuk percepatan penanggulangan covid 19 sebanyak 4 persen dari dana desa.

“Kita anggarkan 4 persen dari dana desa yang hampir Rp 800 juta, yakni sebanyak Rp 32 juta,” ujar M Kusairi Via WhatsAap, Selasa 5 April 2020.

Kades yang ramah ini menyebutkan, dana desa Rp 32 juta tersebut akan diperuntukan untuk melakukan berbagai kegiatan dan pembelian alat untuk keperluan kegiatan tersebut.

“Dana Rp 32 juta digunakan untuk kegiatan penyemprotan, membangun posko covid 19 dua buah diperbatasan, membeli tempat cuci tangan lengkap dengan sabunya, membeli masker untuk warga dan banyak lagi yang lainya,” ucapnya.

Dirinya juga mengakui bahwa pemerintah desa dan para relawan covid 19 Desa Ampah II sudah beberapa kali melakukan penyemprotan cairan disinfektan kerumah ibadah, kantor desa, rumah warga dan tempat lainya.

Selain itu, Masker yang dibeli juga langsung dibagikan oleh Ketua PKK Desa Ampah II bersama para anggota serta relawan langsung kerumah rumah warga.

“Pembagian masker sudah dilakukan. Ketua PKK Desa Ampah II bersama anggotanya secara door to door menyambangi rumah warga untuk menyerahkan masker,” ucapnya.

Kades berharap melalui kegiatan penyemprotan dan lainya itu dapat mengantisipasi atau memutus mata rantai covid 19.

“Semoga covid 19 ini segera hilang dimuka bumi ini, sehingga aktifitas masyarakat dapat kembali seperti semula,” imbuhnya.

Kades yang berwibawa ini meminta
kepada warganya agar mentaati imbauan dari pemerintah. Gunakan masker apabila keluar rumah dan sering sering lah mencuci tangan. (metro7/budi).