TAMIANG LAYANG – Tahun ini, proyek yang bersumber dari bantuan  Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri dan Integritasi, mengucur di Desa Ampah, Kecamatan, Dusun Tengah, Barito Timur ( Bartim).
Untuk PNPM Mandiri, dana dikucurkan dalam upaya percepatan pembangunan desa itu sebesar Rp 150 jutaan, Sedangkan untuk PNPM Integritasi, sekitar Rp350  juta.
 Kepala Desa Ampah 2, Dinarman, mengungkapkan, untuk dana yang digulirkan oleh PNPM Mandiri, rencananya untuk membangun titian jembatan dari ulin sepanjang 100 Meter.
“Sedangkan PNPM Integritasi, diarahkan membangun infrastruktur berupa sepanjang 350 meter. Namun, materialnya berasal dari kayu campuran seperti jenis ulin dan lainya,” terangnya.
 Menurut Dinarman, dua proyek PNPM itu nantinya dikelola oleh masyarakat sendiri melalui tim yang dipercayakan oleh desa. Dua proyek titian yang bakal dibangun itu, sudah disetujui oleh asyarakat setelah digelar rapat untuk membahasnya.
 Dibangunnya titian jembatan ini, sangat penting dan bermanpaat bagi warga desa. Sebab, warga akan lebih mudah mengangkut hasil panen berupa padi dari sawah. “Kemudian, juga memperlancar bagi warga yang keseharianya juga berprofesi  sebagai penyadap karet. Apalagi, lokasi yang dibangun ramai dilewati warga,” terangnya.
Dinarman yakin, infrastruktur ini dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat. Bahkan, berdampak pula pada peningkatan taraf kehidupan warga Desa Ampah 2.
Program yang digulirkan di Desa Ampah 2 ini, diharapkan dapat terus diteruskan. Dengan demikian, percepatan pembangunan desa dapat terwujud. ‘’Hendaknya nanti, masyarakat dapat merawat bangunan yang sebentar lagi dikerjakan  tersebut,” Tutupnya. (Metro7/MJ/Budi Irawan)