Tamiang Layang — Perusahaan perkebunan, PT Bhadra Cemerlang (BCL), baru-baru tadi, menggelar lomba posyandu di Aula Kantor Camat Petangkep Tutui. Lomba yang bertujuan untuk meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan ibu dan anak ini diikuti oleh 14 posyandu dan 30 balita dari 10 desa di wilayah tersebut.
Administratur PT BCL, Ir Harinoto, dalam sambutannya mengatakan program pembinaan posyandu ini merupakan wujud kepedulian perusahaan serta sebagai sarana menjalin silaturrahmi dan kemitraan dengan masyarakat sekitar. “Lomba posyandu, balita sehat dan kader posyandu tingkat Kecamatan Patangkep Tutui akan menjadi agenda rutin dari PT BCL,” kata Hariono.
Penilaian lomba telah dilakukan selama setengah bulan, tanggal 1-15 Juni 2013, oleh tim penilai dari Puskesmas Petangkep Tutui dan PT BCL. Beberapa kategori yang dinilai adalah tingkat partisipasi masyarakat (kehadiran balita), keberadaan tanaman obat keluarga (Toga) dan jumlah balita garis merah (BGM). Untuk penilaian yang paling utama adalah tingkat keaktifan kader,
Dalam lomba tersebut, Posyandu Mekarsari Desa Kambitin berhasil meraih juara pertama dan berhak mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 1,5 juta. Juara kedua diraih oleh Posyandu Sinta Tuu Desa Betang Nalong dengan hadiah Rp 1 juta. Sementara Posyandu Rimut Ware Desa Bentot di posisi ketiga dengan hadiah Rp 500 ribu.
Untuk lomba kader posyandu, juara pertama diraih oleh Posyandu Sinta Tuu dengan hadiah sebesar Rp 1 juta. Juara kedua diraih oleh Posyandu Lelo Ineh Desa Ampari Bura dengan hadiah Rp 750 ribu dan Posyandu Manthohing Wau Desa Kotam Seing Pipa di tempat ketiga dengan hadiah Rp 500 ribu.
Sementara itu, Kurnia Bagus dari Desa Mawani berhasil menjadi juara lomba balita sehat untuk kategori umur 6-23 bulan. Sedangkan untuk kategori umur 24-59 bulan gelar juara diraih oleh Kristian Desta dari Desa Bentot. (Metro7/Ali/Fauzi).