TAMIANG LAYANG, metro7.co.id – Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provini Kalimantan Tengah  menggelar pertemuan dengan Kelompok Bina Keluarga Balita Holistik Integratif (BKB-HI) Barito Timur di aula hotel Indra Jaya, Tamiang Layang, Selasa (29/3/2022).

Koordinator bidang KSPK BKKBN Provinsi Kalteng, Bakti Tues mengatakan, kegiatan hari ini adalah merupakan sebuah upaya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan orang tua terkait pengasuhan anak yang holistik, yaitu pengasuhan yang menyeluruh dalam memenuhi kebutuhan dasar anak. Baik kebutuhan dasar akan pendidikan, kesehatan, gizi dan perlindungan dari berbagai bentuk kekerasan.

“Mengingat sangat strategisnya posisi orang tua dalam mengasuh dan membina tumbuh kembang anak, maka orang tua dituntut untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilannya agar mampu melaksanakan pengasuhan secara optimal,” ujarnya.

Pengetahuan dan keterampilan itu, jelas Bakti, dapat diperoleh orang tua antara lain dengan ikut serta dalam kegiatan BKB-HI.

Terkait dengan program percepatan penurunan stunting, salah satu langkah intervensinya adalah dengan melakukan pemantauan tumbuh kembang anak untuk mendeteksi dini gangguan perkembangan anak akibat stunting.

“Dengan adanya koreksi awal melalui pemberian gizi yang optimal disertai dengan pemantauan tumbuh kembang dan stimulasi terhadap anak, maka diharapkan angka prevalensi stunting di Provinsi Kalteng, khususnya di Barito Timur bisa turun sehingga mencapai target nasional 14 persen pada tahun 2024 mendatang,” katanya.

Melalui kegiatan fasilitasi pembinaan kelompok BKB-HI, dirinya berharap dapat meningkatkan pengasuhan dan tumbuh kembang anak usia 0-6 tahun, melalui peningkatan kualitas pengelolaan kelompok BKB melalui pengelola tingkat kabupaten/kota (OPD-KB), PKB/PLKB, Kader BKB serta mitra kerja tingkat provinsi lainnya.

“Kita harap peserta yang mengikuti kegiatan hari ini juga dapat mengaplikasikan apa yang didapat dari pertemuan tersebut ketika di lapangan,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut nampak dihadiri Langsung oleh Kepala BKKBN Barito Timur, Simon Biring beserta jajarannya.