Home / Batu Licin (Tanah Bumbu)

Sabtu, 27 Juni 2020 - 13:08 WIB

Luapan Sungai Kusan Akibatkan Banjir di Desa Manuntung Lasung

Reporter : Muhammad Khairil Ansari - Kab.Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan - Dibaca : 542 kali

 

TANAH BUMBU, metro7.co.id – Banjir melanda Desa Manuntung RT 03, Kecamatan Kusan Hulu, Kabupaten Tanah Bumbu akibat luapan air sungai. Banjir ini tak lepas dari hujan intensitas sedang dan intensitas deras yang mengguyur sejak beberapa hari lalu.

Hingga, Sabtu (27/6) ini, total rumah warga yang terendam banjir tersebut berjumlah sepuluh rumah.

Informasi yang diterima dari Camat Kusan Hulu, banjir tersebut diakibatkan karena luapan air sungai kusan yang mengakibatkan beberapa rumah warga dibantaran sungai Lasung terendam banjir.

“Ada luapan air sungai kusan kiriman dari hulu yang di akibatkan hujan beberapa hari ini, untuk saat ini yang terdata ada 10 rumah yang terdampak banjir, semoga air sungainya cepat surut” Ujar Camat Kusan Hulu, Herlambang, saat di hubungi via Whats App

Baca Juga :  Proyek Jembatan Rp 16,62 Miliar di Mantewe Tanah Bumbu Tak Selesai, Ini Tanggapan PUPR dan Warga

Sementara itu Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Bumbu, Eryanto Rais mengatakan, pihaknya hingga saat ini masih melakukan pendataan menyeluruh terkait jumlah warga yang terdampak akibat banjir yang disebabkan meluapnya aliran sungai kusan itu.

“Nanti Tim BPBD Tanbu akan mencek langsung ke lokasi banjir yang ada di Desa Manuntung Kecamatan Kusan Hulu, serta melakukan pendataan langsung” kata Eryanto Rais, Sabtu (27/6).

Baca Juga :  Tertibkan Kerumunan di Warung, Camat Simpang Empat : Yang Bandel Kami Tindak

Dari pantauan metro7.co.id, salah satu titik genangan tertinggi dilaporkan terjadi di RT 03 tepatnya di beberapa rumah warga dibantaran sungai, ketinggian air sungai tersbut menyentuh hingga ketinggian 2 meter.

Dani (30) salah satu korban banjir mengungkapkan
Banjir terjadi sekitar satu minggu yang lalu, genangan air setiap hari semakin meningkat.

“Banjir ini sudah terjadi satu minggu yang lalu, saya semakin khawatir karena debit air semakin meninggi, mudah mudahan ada bantuan dari pemerintah kepada kami,” ungkapnya. ***

Share :