Home / Info Ibu Kota / Jakarta

Jumat, 10 Juli 2020 - 15:04 WIB

Lulusan Vokasi Dapat Berpeluang di Industri dan Wirausaha

Reporter : M Khairil Ismitullah - Uploader - Dibaca : 21 kali

 

JAKARTA, metro7.co.id – Lesunya perekonomian di masa pandemi bukan berarti menghalangi lulusan pendidikan vokasi untuk mendapatkan pekerjaan. Lulusan yang memiliki keterampilan teknis yakni dari bidang Vokasi maupun kejuruan diyakini memiliki peluang untuk mendapat pekerjaan pada situasi krisis.

“Sekarang kalau mereka jeli melihat peluang kerja dan dapat koneksi, mungkin bisa lamar kerja. Ada beberapa industri yang bergerak, bahkan labanya bertambah. Nggak semua industri pada era new normal ini mati, tapi ada yang justru menyerap keuntungan lebih banyak,” kata Ketua Bidang Ketenagakerjaan, Vokasi, dan Kesehatan BPP HIPMI Sari Pramono kepada CNBC Indonesia, dikutip Jumat (10/7).

Namun, bekerja bukan satu-satunya cara meniti karier atau untuk bertahan di masa pandemi. Lulusan Vokasi juga bisa membuat usaha sendiri dengan ilmu maupun keterampilan yang mereka miliki. Beberapa bidang dinilai sangat dibutuhkan dan mampu diserap oleh masyarakat.

“Bisa jadi pengusaha rumahan atau usaha makanan dan lain-lain. Banyak platform jualan itu jadi solusi. Kalau dia tata boga bisa memasak dan lain-lain akan lebih mudah. Mereka nggak perlu punya toko tapi bisa jualan itu kan bisa sambil tunggu pembukaan opening rekrutmen,” jelas Sari.

Namun, tidak menutup kemungkinan dengan keterampilan yang dimiliki, usaha yang dibuat pada masa krisis itu bisa berkembang dan menjadi penghasilan utamanya. Alhasil, lulusan Vokasi bukan hanya mencari kerja namun juga bisa menyerap tenaga kerja. ***

 

Sumber : CNBC Indonesia

Share :