Majukan UMKM, Mabar Miliki Asosiasi Kelompok Usaha Unitas

Reporter : Robert Perkasa - Kab. Manggarai Barat – NTT - Dibaca : 16 kali

 

MANGGARAI BARAT, metro7.co.id – Asosiasi Kelompok Usaha Unitas (Akunitas) sebagai wadah yang menaungi para pelaku usaha kecil menengah (UMKM) Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Provinsi Nusa Tenggara Timur dideklarasikan sekaligus pelantikan Badan pengurus Akunitas.

Bupati Manggarai Barat, Agustinus Ch.Dula resmi melantik Dewan Pimpinan Cabang Akunitas Kabupaten Mabar periode 2020-2022l.

Acara pelantikan ini berlangsung di Aula Kantor Bupati Mabar, Senin (29/06/2020) siang.

Usai dilantik, Ketua Akunitas Kabupaten Mabar, Candy Mayangsari Latubatara kepada para Wartawan menjelaskan tujuan Asosiasi Kelompok Usaha Unitas di Kabupaten Ujung Barat Pulau Flores itu dideklarasikan untuk memperkuat posisi nilai jual para pelaku ssaha kecil menengah di masa new n
ormal yang sebelumnya terpuruk akibat terpapar pendemi Covid-19 di wilayah itu.

Baca Juga :  PAN "Digoyang", Mateus Hamsi : Saya Kakaknya Gusti Dula

“Program kerja awal Akunitas bersama pemerintah dan stakeholder terkait akan melakukan berbagai kegiatan seperti pelatihan, pendampingan, akses modal, akses pasar hingga melakukan promosi dan sosialisasi,” papar Candi Mayangsari.

Candy Mayangsari jelaskan tugas serta misi yang diemban Asosiasi Kelompok Usaha Unitas yakni mewujudkan pelaku usaha yang mandiri dan memiliki kapasitas berdaya saing kuat dalam rangka menciptakan pilar ekonomi usaha. Kemandirian ekonomi tentu berdampak positif bagi setiap pelaku UMKM.

Candy menyadari untuk mewujudkan ini tentu tidak mudah. Itu sebabnya
Akunitas perlu mendorong dan mendampingi para pelaku UMKM dalam peningkatkan kualitas produk usahanya melalui berbagai program pelatihan.

Baca Juga :  Faduhusi Daely Kunjungi Pameran Kuliner Lokal Bumi Aekhula

Selain pelatihan, Akunitas melakukan pendampingan termasuk menjalin kemitraan dengan berbagai pihak terkait permodalan usaha dan peningkatan grade setiap jenis usaha.

Karena itu, dia berharap setiap pelaku UMKM untuk memanfaatkan setiap momentum yang ada dalam rangka peningkatan sumber daya dan usaha mereka.

“Posisi Akunitas antara lain menjembatani para pelaku usaha dengan para pihak. Ini harus dimanfaatkan dengan baik terutama dalam rangka menghadapi persaingan pasar di era digital saat ini,” pungkasnya. ***

Share :