Desa Membangun Negeri
Sabtu, 4 Sep 2021 10:51 WIB

Makin Berkharisma Sejarah, Tugu Munggu Raya di Bumi Antaludin

Reporter :  Muhammad Yasin - Kab.HST, Kalimantan Selatan
Editor :  Koran Metro7

 

KANDANGAN, metro7.co.id – Bupati HSS H Achmad Fikry selaku Ketua Dewan Kehormatan DHC 45 HSS nampak antusias untuk meresmikan monumen tersebut, dengan menandatangani prasasti dan dilanjutkan pemotongan pita.

Adapun Tugu Munggu Raya menjadi salah satu bukti peninggalan sejarah yaitu pernah kedatangan perwakilan internasional Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) dan membentuk Komisi Tiga Negara. Terdiri Amerika Serikat, Australia ditunjuk Indonesia, dan Belgia ditunjuk Belanda.

Hal itu menghasilkan penandatangan naskah dari delegasi PBB dan negara perwakilan‎, untuk mengakui Proklamasi Tentara Divisi ALRI Pertahanan Kalimantan pada 17 Mei 1949.

Usai meresmikan, Bupati Hulu Sungai Selatan menyampaikan apresiasinya terhadap peresmian pembangunan Monumen Tugu Munggu Raya yang menjadi bagian sejarah tidak pernah dilupakan oleh masyarakat Bumi Antaludin. Ke depannya diharapkan menjadi tempat wisata sejarah di Kabupaten HSS.

“Kami berterimakasih kepada DHC 45 yang menginisiasi pemugaran tugu ini. Mudah-mudahan menjadi penyemangat bagi kita untuk terus melanjutkan perjuangan mereka dengan pembangunan,” katanya.

Terimakasih disampaikan kepada PT Antang Gunung Meratus yang telah menjadi donatur pembangunan ini, juga TVRI karena melestarikan nilai-nilai juang.

Halaman: 1 2

 
CLOSE
block id 11401 site metro7.co.id1 - PC 800x220px 4x1_ Mob 414x400px 2x2