oleh

Manggala Agni Satgas Karhutla Mendapatkan Apresiasi dari Gubernur Sumatera Selatan

JAKARTA – Manggala Agni KLHK menerima apresiasi atas peran dan kontribusinya sebagai anggota satuan tugas darat pengendalian kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Provinsi Sumatera Selatan, Senin tadi.

Apresiasi ini diberikan langsung oleh Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, pada acara Penutupan Posko Satuan Tugas Karhutla Provinsi Sumatera Selatan di Hotel Santika Premiere Palembang.

Apresiasi kepada Manggala Agni ini diterima oleh Kepala Balai Pengendalian Perubahan Iklim dan Kebakaran Hutan dan Lahan (PPIKHL) Wilayah Sumatera.

Kepala Balai PPIKHL Wilayah Sumatera, Ferdian Krisnanto, menyampaikan terima kasih atas apresiasi dari Gubernur Sumatera Selatan.

Apresiasi ini sebagai penyemangat kawan-kawan Manggala Agni, dan pihak lainnya dalam Satgas Pengendalian Karhutla yang telah berjibaku memadamkan api di lapangan.

“Penghargaan ini untuk semua manggala agni yg sudah bekerja keras di lapangan, Kami berharap kerja sama dan koordinasi yang sudah berjalan baik ini bisa ditingkatkan sehingga dalam melaksanakan tugas kedepannya dapat berjalan dengan lancar,” tuturnya.

“Kami juga berharap, upaya pencegahan lebih diutamakan, seperti patroli terpadu yang sudah empat tahun bisa lebih diintensifkan lagi dengan berfokus pada desa-desa rawan yang terjadi kebakaran berulang”, ungkap Ferdian.

Pada acara yang juga di hadiri oleh Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana ini, Gubernur Sumatera Selatan, Herman Deru, mengapresiasi semua pihak yang telah berpartisipasi dalam penanganan Karhutla di Sumsel dengan baik, sehingga hari ini Posko Satgas Karhutla yang sudah bertugas selama lima bulan dapat ditutup dengan capaian yang memuaskan.

“Saya, Gubernur Sumsel mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam pengendalian Karhutla di Sumsel. Termasuk semua corporate yang sudah membantu Satgas Karhutla mulai dari personel hingga peralatan yang diterjunkan untuk pengendalian Karhutla di Sumsel”, ujarnya.

Sementara itu, Plt. Direktur Pengendalian Kebakaran Hutan dan Lahan, Raffles B. Panjaitan, mengungkapkan bahwa apresiasi ini adalah sebagai wujud penghargaan atas sinergi yang baik para pihak di Sumsel dalam upaya untuk menjaga wilayah Sumatera Selatan dari kebakaran hutan dan lahan.

“Kami mengapresiasi penanganan Karhutla di Sumatera Selatan yang dilakukan secara bersinergi dan berkoordinasi antar para pihak, baik antara pemerintah daerah, kementerian/lembaga, korporasi, dan masyarakat untuk mengendalikan karhutla,” ucap Raffles.

Di Sumatera Selatan, KLHK menempatkan empat Daerah Operasional (Daops) Manggala Agni yang berada di Banyuasin, Lahat, Musi Banyuasin, dan Ogan Komering Ilir, dengan total pasukan sebanyak 243 personil yang menjadi kekuatan utama dalam Satgas Darat.

Sementara Satgas Udara, pada tahun ini menyiagakan 17 pesawat dan helikopter yang rutin melakukan patroli udara. Satgas udara juga melakukan telah water bombing sebanyak 25.851 sortie dan menjatuhkan air sekurangnya 108 juta air, serta hujan buatan dengan menaburkan 46 ton garam dan 27 ton kapur di wilayah rawan karhutla di Provinsi Sumatera Selatan. (metro7/nrl/*)