Desa Membangun Negeri
Sabtu, 12 Sep 2020 23:20 WIB

Masyarakat di HST kembali Dilatih Buat Sasirangan

Reporter :  Muhammad Yasin - Kab.HST, Kalimantan Selatan
Editor :  M Khairil Ismitullah

BARABAI, metro7.co.id – Kain sasirangan bagi masyarakat Kalsel sudah tak asing lagi. Kain ini juga khas kebanggaan masyarakat Kalsel, seperti layaknya kain batik yang merupakan khas masyarakat Jawa.

Meski kebanyakannya pengrajin masih dalam bentuk industri rumahan. Namun, kualitas dihasilkan tidak kalah dengan kain-kain berkelas di daerah lainnya.

Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) melaksanakan pelatihan pembuatan kain sasirangan, di Kantor Dinas Perdagangan.

Diikuti 40 orang peserta yang dilaksanakan selama 5 hari sejak (8/9) hingga (12/9). Upaya ini untuk meningkatkan keterampilan masyarakat dan mengembangkan produk unggulan di Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST).

Kepala Dinas Perdagangan HST, Ali Fahmi mengatakan, kegiatan tidak secara rutin, diikuti sebanyak 40 orang dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan selama 5 hari.

“Sasirangan salah satu produk kita, dari industri kecil kita, pelajar atau mahasiswa dianjurkan memakai produk daerah sendiri,” katanya kepada Metro7, Kamis (10/9).

Lanjutnya, pelatihan ini merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan pihak Pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyakarat di Kabupaten HST.

Halaman: 1 2 3

CLOSE