Desa Membangun Negeri
Kamis, 23 Sep 2021 00:10 WIB

Masyarakat Dibolehkan Tinggal di Kawasan CA, BKSDA Kalsel : Tidak untuk Diperjualbelikan

Reporter :  Ahmad Rajulani Husayin - Kotabaru Kalimantan Selatan
Editor :  Koran Metro7

 

KOTABARU, metro7.co.id – Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Selatan (Kalsel) menyatakan menjalin kemitraan konservasi dengan daerah Kotabaru, untuk kawasan Cagar Alam (CA).

“Sehingga masyarakat yang terlanjur menggunakan lahan dapat akses mengelola dan menjual hasilnya,” kata Kepala BKSDA Kalsel, Mahrus Aryadi, di Kotabaru, saat kegiatan konsultasi publik Rencana Pengelolaan Jangka Panjang (RPJP), cagar alam di Kotabaru, Rabu (22/9/21).

Ia menambahkan dengan diperbolehkannya lahan tetap dipertahankan keberadaannya.

“Kita juga akan melakukan perjanjian kerja sama dalam rangka melancarkan kegiatan-kegiatan yang terkait kawasan konservasi yang ada di Kotabaru,” kata dia.

Sementara adanya pemukiman warga yang berdiri di kawsan CA akan dibuatkan blok khusus.

“Di dalam kawasan CA ada memiliki blok, ada blok perlindungan yakni khusus untuk satwa dan tumbuhan yang dilindungi, kemudian ada blok rehabilitasi yang itu bisa kita kerjasamakan dengan masyarakat petambak dalam rangka memanam kembali dan juga rumah-rumah yang ada kita siapkan blok khusus yaitu fasilitas umum,” bebernya.

Mahrus mengatakan mereka tidak akan diganggu gugat tinggal di sana namun mereka tidak bisa memperjual belikan karena kawasan tetap milik negara, namun bloknya khusus, seperti rumah, tempat ibadah dan lainnya.

Halaman: 1 2

 
CLOSE
block id 11401 site metro7.co.id1 - PC 800x220px 4x1_ Mob 414x400px 2x2