Desa Membangun Negeri
Selasa, 16 Feb 2021 22:23 WIB

Masyarakat Ingin Kantor Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser di Kutacane

Reporter :  M Yusuf - Kab.Aceh Tenggara, Aceh
Editor :  M Ali Nafiah Noor

KUTACANE, metro7.co.id – Berbagai kalangan masyarakat di Aceh Tenggara, yang peduli lingkungan dan kelestarian hutan, meminta pemerintah agar membangun Kantor Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser di Kutacane, Aceh Tenggara.

Permintaan tersebut muncul di tengah gencarnya upaya anggota DPR-RI asal Aceh mengusulkan pemindahan Kantor Balai Besar TNGL dari Medan Sumatra Utara ke Banda Aceh Provinsi Aceh, terutama paska terbitnya persetujuan dari Kementerian Lingkungan Hidup Dan Kehutanan, terkait pemindahan kantor BTNGL ke Provinsi Aceh.

“Perjuangan anggota DPR-RI asal Aceh, TA Khalid dan M Salim Fakhri Selian serta Muslim dari komisi IV,” ujar Muslim Sekedang, Ketua Persatuan Petani Kawasan Kaki Gunung Leuser (PPKKGL) Kutacane, Selasa (16/2/2021).

Lanjut Muslim Sekedang, memindahkan kantor Balai Besar TNGL dari Medan Sumatra Utara ke Aceh, pantas diberikan apresiasi dan dukungan sepenuhnya. Karena menurutnya, tanpa perjuangan yang serius dan tak kenal lelah, dipastikan tak akan berhasil.

”Namun, melihat kantor pusat BBTNGL ditetapkan di Banda Aceh merupakan keputusan yang sangat tidak tepat. Karena seharusnya Kantor Balai Besar itu, jika bukan di Kutacane Aceh Tenggara, maka dibangun di Gayo Lues. Karena, dua kabupaten tersebut merupakan area paling luas yang wilayahnya masuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Leuser,” ujar Muslim.

Halaman: 1 2

 
CLOSE
Lewat ke baris perkakas