Koran Metro7 Online

Masyarakat Sekadau Antusias Ikut Vaksinasi Covid-19

SEKADAU, metro7.co.id – Satgas COVID-19 Kabupaten Sekadau menggelar vaksinasi massal di Mal Pelayanan Publik, Rabu 23 Juni 2021. Vaksinasi yang digelar hingga 25 Juni ini menyasar masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas.

Plt Kepala Dinkes PP dan KB Kabupaten Sekadau, Henry Alpius menuturkan, mulai hari ini seluruh fasilitas pelayanan kesehatan (fasyankes) telah bergerak melakukan vaksinasi kepada lansia, pelayanan publik, tenaga pendidik serta masyarakat umum berusia 18 tahun ke atas.

“Untuk di sentra vaksinasi ini, kita buka 300 per hari. Silakan daftar, kalau 300 sudah full, besok kita buka lagi,” kata Henry.

Henry mengatakan, masyarakat cukup antusias mengikuti vaksinasi massal tersebut. Sejauh ini, kata dia, belum ada kendala berarti dalam pelaksanaan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Sekadau.

“Hanya saja kita berharap supaya distribusi vaksin dari pusat itu cepat. Ini laporannya secara online, begitu stok kosong kita harap vaksinnya langsung dikirim,” ucapnya.

Vaksinasi yang digunakan ada 2 jenis, yakni AstraZeneca dan CoronaVac. Henry memastikan, kedua vaksin yang digunakan itu aman dan efektif.

“Kami mengimbau masyarakat, jangan ragu, ndak usah pilih-pilih vaksin. Dua-duanya (vaksin) cukup efektif dan aman,” ujarnya.

Bupati Sekadau, Aron berharap, semakin banyak masyarakat Sekadau yang divaksin. Ia mengatakan, pelaksanaan vaksinasi massal yang disentralkan di Mal Pelayanan Publik ini mempermudah masyarakat.

“Mengantisipasi penyebaran COVID-19, ke depan kita mengaktifkan kembali kegiatan razia-razia di tempat keramaian. Penyebarannya itu terjadi di tempat ngumpul dalam jumlah banyak,” ucap Aron.

Mengantisipasi kenaikan kasus COVID-19, Aron meminta masyarakat untuk menyadari pentingnya mematuhi protokol kesehatan (prokes). “Meskipun pemerintah sudah berkoar-koar, tapi masyarakat tidak peduli sama juga. Oleh karena itu, partisipasi masyarakat sangat diharapkan,” tutupnya.[]