Desa Membangun Negeri
Selasa, 22 Sep 2020 15:01 WIB

Menlu RI : Indonesia Juga Gandeng Inggris Kerja Sama Vaksin Corona

Reporter :  S Ramdani - Jakarta Pusat
Editor :  Zulfahmi Dhamiri

 

JAKARTA, metro7.co.id – Menteri Luar Negeri Republik Indonesia (Menlu RI) Retno Marsudi mengatakan pemerintah juga telah melakukan kerja sama dengan negara Inggris dalam upaya menemukan vaksin corona.

“Kerja sama serupa sedang dijajaki dengan AstraZeneca dan Imperial College London, keduanya dari Inggris,” kata Retno dalam rapat bersama Komisi I DPR RI, di Gedung MPR/DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (22/9/2020).

Retno Marsudi mengatakan pemerintah telah melakukan dua pendekatan untuk dapat mendapatkan vaksin Corona yakni pendekatan jangka pendek dan jangka panjang.

Retno mengatakan pendekatan jangka pendek yang dilakukan Indonesia adalah melalukan kerja sama dengan negara tetangga seperti China, Korea Selatan, dan Inggris. Selain itu, pendekatan jangka panjang yang dilakukan, yaitu menciptakan vaksin produksi dalam negeri.

“Pemerintah Indonesia dalam memperoleh vaksin terdapat dua pendekatan. Pertama adalah pendekatan jangka pendek yang berarti akses cepat waktu terhadap vaksin yang akan ada dengan harga terjangkau dan pendekatan ini memerlukan kerja sama dengan pihak luar baik secara bilateral maupun multilateral,” kata Retno.

Halaman: 1 2 3

CLOSE