oleh

Menteri Pertanian RI Hadiri Panen Raya

MARABAHAN- Panen raya lahan rawa pasang surut di Desa Karang buah Kecamatan Belawang Kabupaten Barito Kuala, yang dihadiri oleh Menteri Pertanian Republik Indonesia Dr. Ir. Andi. S, Bupati Batola H. Hasanuddin Murad serta kepala Dinas Pertanian Ir. Zulkifli Yadi Noor dan pihak lainnya, Senin (8.8).
Bupati Batola H. Hasanuddin Murad menjelaskan pada tahun 2015 ini, luas tanan yang ada di Kabupaten Batola sebanyak 99,7700 hektar, memang kalu kita banding pada tahun 2014 kemarin luas tanam kita 918 hektar, tidak heran kalu Batola adalah daerah lumbung padi untuk Kalsel dan merupakan penghasil padi terbesar karena mencapai 17 sampai 20 persen.          
Sedangkan untuk tahun ini, perkembangan teritigrasi pada Padi dan jeruk, serta pengadaan alat dan dana melalui APBD Kabupaten, serta pengembangan kerjasama dengan bank dan pengembangan infrastruktur jalan, penyediaan kredit.
Upaya untuk tetap mempertahankan status sebagai salah satu daerah penyangga pangan nasional, hingga saat ini masih dilakukan Pemkab Batola. Salah satu diantaranya dengan cara mengharapkan masyarakat di Bumi Ije Jela untuk memperluas areal pertaniannya.
 “Dalam pandangan saya, saat ini daerah kecamatan pembangunannya mulai berkembang. Hal ini perlu didukung masyarakat untuk mau menerima dan melakukan perubahan. Salah satunya dengan memperluas areal pertanian dengan menggarap lahan-lahan yang masih kosong agar menjadi produktif,” ujar Bupati Batola H Hasanuddin Murad
Tak hanya itu, Hasanuddin juga berharap seluruh komponen masyarakat di Bumi Ije Jela agar dapat membangun rasa kebersamaan. “mari kita jaga dan pelihara bersama seluruh hasil pembangunan yang telah terbangun dan juga kebiasaan baik yang telah tumbuh dan berkembang dilingkungan sekitar kita,” imbuhnya.
Selain itu juga Menteri Pertanian RI Dr. Ir. H. Andi. S. mengatakan kalu para petani ingin berhasil dalam mengelola lahan pertaniannya dan produksi pertaniannya meningkat, maka ikuti lah panduan dan saran dari PPL nya, karena untuk produksi di indonesia salah satunya merupakan bidang pertanian sangat didukung untuk ditingkatkan. dia juga berharap agar kabupaten Batola bisa benar-benar menjadi daerah lumbung padi untuk Kalsel agar bisa surplus beras ke daerah luar. (metro7/andi/has)