oleh

Merujuk Edaran MUI, Kotabaru Tiadakan Shalat Jum’at dan Berjamaah di Mesjid

-Kotabaru-410 views

KOTABARU – Surat edaran Majelis Ulama Indonesia (MUI), Kotabaru dilayangkan terhitung dari hari ini, Jumat, 27 Maret 2020 memberikan himbauan meniadakan salat berjamah di mesjid – mesjid.

Untuk salat jumat sementara digantikan dengan salat zuhur di rumah masing – masing, sebagai bentuk pencegahan virus corona atau Covid-19.

Ini juga merujuk fatwa Majelis Ulama Indonesia, No14 tahun 2020 tentang penyelenggaraan ibadah dalam situasi terjadi wabah Covid 19.

Dengan terbitnya edaran tersebut terpantau sejumlah mesjid jumat ini masih melaksanakan salat jumat berjamaah, namun tetap menjaga jarak saat beribadah.

Salah satu pengurus mesjid di Kotabaru Samsul mengatakan jumat kali ini masih mengerjakan jumat berjamah.

Setelah terbitnya surat edaran tertanggal 27 Maret, usai salat jumat pihaknya pun akan menutup mesjid untuk ibadah jamaah.

“Dampak corona ini menurutnya jemaah memang berkurang. Ia juga meminta saf – saf salat juga diberi jarak dan meminta warga menggunakan masker dan membawa sajadah sendiri,” ujarnya

“Usai salat jumat ini kami akan menutup salat ashar berjamaah dan salah berjamaah lainnya sementara hingga 5 April mendatang. Kalau toh nanti tidak perubahan berlanjut lagi,” imbuhnya. (metro7/syn).