oleh

Meski Terlambat, Bantuan Pangan Non Tunai Segera Disalurkan di Mantewe

BATULICIN – Camat Mantewe, Salhudi mengungkapkan, pihaknya akan melanuching program BPNT dalam beberapa hari ini. Dan saat ini, Pemerintah Kecamatan Mantewe masih melakukan koordinasi dengan agen penyalur BPNT di semua desa dan pihak Bank BRI.

“Tanah Bumbu awal bulan ini sudah launching dari Rasta ke BNTP Dan kita baru akan merencanakan penyaluran BPNT paling lambat akhir bulan oktober ini,” ungkapnya.

Kendala yang dihadapi sehingga ada keterlambatan penyaluran BPNT bulan ini salah satunya adalah kartu yang diberikan dari pemerintah pusat masih belum semuanya.

“Dari KPM 1.510 yang dicetak 790 KPM. Dan ini sudah mulai akan kita sebarkan ke KPM. Untuk sisanya kami masih berkoordinasi dengan Kemensos dan Bank Penyalur,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Mantewe, Sulhadi mengaku, ada berbagai kendala mengenai penyaluran BPNT diwilayahnya, sehingga sampai saat ini belum satupun PKM menerimanya.

“Permasalah dikami adalah dari pihak perbankan yakni BRI (Bank Rakyat Indonesia), sampai saat ini kartunya ada beberapa yg belum dicetak,” katanya.

Padahal kata dia, pihaknya beberapa waktu lalu sering meminta agar BRI segera memberikan kartu tersebut kepada warga penerima.

“Kalau Pemeritah Kecamatan Mantewe sudah siap. Sekarangpun kalau pihak bank nya sudah siap, kami akan salurkan kepada KPM. Untuk agen sendiri kami sudah ada. Hanya tinggal menunggu kesiapan dari bank,” ungkapnya.

Perwakilan dari Bank BRI, Rudi menuturkan, pihaknya masih menunggu, ada beberapa data yg terkendala dari kementerian sosial, sehingga tidak bisa dicetak di BRI pusat.

“Kita masih menunggu data yang sudah valid dari kemensos, kalo sudah selesai data di kemensos, BRI pusat langsung bisa mencetak Kartu BPNT tersebut dan dikirimkan kedaerah kita,” ujarnya. (metro7/khairil)