oleh

Miliki Berbagai Potensi Kesenian Daerah

MANDASTANA- Dengan bertambahnya usia Kabupaten Barito Kuala yang ke- 55, pada bulan Januari tahun 2015 ini, dan hal tersebut salah satu menjadi  open tahunan oleh Pemerintah Kabupaten Barito Kuala yang dilaksanakan pada setiap tahunnya, maka dari itu kami dari pihak Kecamatan selalu menampilkan kesenian-kesenian daerah untuk memeriahkan ulang tahun kabupaten dan menghibur masyarakat dengan berbagai macam kesenian yang ada di Kecamatan Mandastana.
Camat Mandastana Suyud Sugiono, Sip. MA, ketika ditemui Metro7 dikantornya belum lama tadi mengatakan, memang masing-masing Kecamatan memiliki berbagai macam kesenian daerah, sedangkan dari Kecamatan Mandastana ada memiliki berbagai macam kesenian daerah mulai dari Reok Ponorogo serta kuda lumping dan berbagai macam kesenian lainnya, ucapnya.
Selain pada bidang kesenian dan hiburan, wilayahnya juga memiliki bidang perkebunan dan pertanian yang dikembangkan oleh masyarakatnya saat ini, seperti bidang perkebunan jeruk serta  jamur tiram, dan sayur-sayuran, kata Suyud.
Perayaan hiburan atau kesenian dan pemeran pembangunan, merupakan open tahunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Batola dalam memeriahkan hari jadi Batola, sedangkan masing-masing kecamatan pun harus ada andil dalam mendukung terlaksananya kegiatan tersebut, dengan menampilkan berbagai macam potensi kesenian daerah maupun keanekaragaman daerah, agar lebih dikenal oleh masyarakat maupun daerah luar, karena open kegiatan tersebut untuk mencerminkan perkembangan maupun kemajuan wilayah dalam satu tahun berjalan, pungkas Suyud. (metro7/andi/san)