Desa Membangun Negeri
Minggu, 16 Agu 2020 07:07 WIB

Miwit Alah Jumpun, Ritual Adat Dayak Kalimantan Tengah

Reporter :  Angkala Tanguh - Kab. Barito Selatan, Kalimantan Tengah

BUNTOK, metro7.co.id – Suku Dayak adalah salah satu suku di Indonesia yang memegang teguh Adat istiadatnya, juga termasuk suku yang besar di Indonesia dan dikenal dengan keramahan serta dedikasinya dalam melestarikan alam maupun budaya.

Salah satunya adalah Suku Dayak Maanyan, yang memang masih menjunjung tinggi adat istiadat dari leluhur mereka secara turun temurun, salah satunya acara adat yang masih sampai saat ini dilaksanakan adalah Upacara Ritual Adat Miwit Alah Jumpun.

Ritual Adat Miwit Alah Jumpun kali ini diselenggarakan di Desa Bantai Bambure Kecamatan Dusun Utara Kabupaten Barito Selatan, lebih tepatnya di rumah salah seorang warga bernama Utuk.

Ritual Adat yang diselenggarakan tiap tahun tersebut dilaksanakan oleh beberapa pemangku adat di Desa Bantai Bambure tersebut sebagai bentuk dari ucapan syukur kepada leluhur Suku Dayak Maayan atas perlindungan dari sakit penyakit.

Serta permintaan ijin untuk bertani atau melakukan aktifitas pekerjaan lainnya, yang memang tiap tahunnya pasti di selenggarakan oleh masyarakat Desa Bantai Bambure.

Halaman: 1 2

 
CLOSE
block id 11401 site metro7.co.id1 - PC 800x220px 4x1_ Mob 414x400px 2x2
Lewat ke baris perkakas