Desa Membangun Negeri
Sabtu, 25 Sep 2021 00:45 WIB

Modifikasi Baling-baling dari Kotabaru Sentuh Pasar Mancanegara

Reporter :  Ahmad Rajulani Husayin - Kotabaru Kalimantan Selatan
Editor :  Koran Metro7

 

KOTABARU, metro7.co.id – Muhammad Kasful Anwar (37), warga Tarjun, Kelumpang Hilir, Kotabaru ini patut berbangga hati, karena dari idenya ia mampu menghasilkan pundi-pundi rupiah dari memodifukasi baling-baling perahu balap.

Keterampilan pria yang pernah mondok ini mampu menembus pasar luar negeri, yakni hingga ke Nigeria dan Kolombia.

Di bawah naugan UMKM Saranjana Grup yang dikelolanya sekarang dibantu perusahaan pabrikan semen yakni PT Indocement Tunggal Prakarsa Tarjun. UMKM yang ia gagas ini mampu memodifikasi baling-baling untuk keperluan lomba perahu cepat dan untuk perahu digunakan menangkap ikan.

UMKM Saranjana Group kebanjiran pesan di dalam negeri selama pandemi. Pesanan datang dari Sulawesi, Sumatera, Nusa Tenggara, serta Jawa.

“Awalnya UMKM Saranjana Group ini terbentuk tahun 2020 lalu. Sekarang dalam sebulannya kami mampu menghasilkan Rp18 juta, dengan hanya belajar secara otodidak dan banyak bertanya kepada teman akhirnya kami mampu membuktikan bahwa kami bisa,” ujar Kasful.

Ia mengaku sempat dibully teman- temannya, namun berkat ketekunan harga satu baling-baling dihargai Rp200 hingga Rp1 juta. “Untuk satu baling-baling yang dimodifikasi biasanya memakan waktu sekitar 2 jam dari tahap awal hingga finishing,” kata dia.

Halaman: 1 2 3

 
CLOSE
block id 11401 site metro7.co.id1 - PC 800x220px 4x1_ Mob 414x400px 2x2