Desa Membangun Negeri
Kamis, 23 Sep 2021 08:01 WIB

Muncul Petisi Bubarkan BNPT, Ketua FKPT Kalsel: Hanya Terorisme yang Ingin

Reporter :  Ahmad Fadilah - Tabalong Kalimantan Selatan
Editor :  Koran Metro7

 

BANJARMASIN, metro7.co.id – Baru-baru ini muncul petisi kepada BNPT RI yang mengatasnamakan oknum mantan narapidana terorisme (Napiter) meminta agar lembaga negara yang bertanggung jawab dalam penanggulangan terorisme dibubarkan. Dalam petisi disebutkan bahwa BNPT lambat merespon program deradikalisasi bagi Napiter yang dipindahkan ke lapas daerah.

Mereka juga menyoroti soal pengurusan remisi dan pembebasan bersyarat hingga pemberdayaan keluarga Napiter dan mantan Napiter.

Petisi tersebut direspon oleh Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) di 32 Provinsi. FKPT merupakan mitra strategis BNPT RI di setiap daerah.

Tugasnya FKPT sendiri adalah melaksanakan program pencegahan dengan pendekatan persuasif kepada masyarakat dan berkolaborasi bersama stakeholder daerah seperti pemerintah daerah (Gubenur, Bupati/Walikota dan seluruh perangkatnya), Kementrian Agama Wilayah, Polda, Polres, Polsek, Babinkamtibmas, Kodam, Korem, Kodim, Babinsa, Kabinda, Perguruan Tinggi, Ormas, Tokoh Agama, Tokoh Budaya, Akademisi dan lain-lain.

Program starategis FKPT di setiap provinsi adalah meningkatkan pemahaman masyarakat terkait paham radikal-terorisme, pemahaman kebangsaan dan pemahaman moderasi beragama.

Tujuan program tersebut sebagai vaksinasi dan peningkatan imun terhadap potensi radikalisme oleh kelompok terorisme. Pada akhirnya, seluruh elemen masyarakat diharapkan untuk berkonstribusi dalam pencegahan paham radikal-terorisme di lingkungan masing-masing.

Halaman: 1 2 3

 
CLOSE
block id 11401 site metro7.co.id1 - PC 800x220px 4x1_ Mob 414x400px 2x2