oleh

Musrenbang Bertabur Usulan

 RANTAU — Musrenbang yang digelar di Kecamatan Tapin Selatan baru-baru tadi, bertabur usulan yang diajukan oleh para Kepala Desa. Mulai dari jalan tani, tabir sungai, hingga pembangunan TK, dan perbaikan jalan menuju ke Makam Datu Nuraya.

Musrenbang kali ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Tapin Errani Martin SKM, Kepala Dinas Tata Kota Rajudinoor MAP, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Tapin Ir Yunus Azis, Kepala Kesbanglinmas Tapin Burhanudin, Sekretaris Distamban Tapin Arifin Noor yang hadir bersama para Kabid di kantornya masing-masing.
Tidak ketinggalan anggota DPRD Tapin Bahtiar juga ikut hadir di dalam Musrenbang tersebut.
Persoalan perbaikan jalan menuju ke Makam Datu Nuraya yang disampaikan oleh Kepala Desa Sawang.
“Usulan perbaikan jalan desa ini sudah kami ajukan sejak beberapa tahun yang lalu, namun hingga saat ini belum ada tanda-tanda bakal direalisasi. Padahal makam ini memiliki potensi wisata yang lumayan banyak. Kasihan para peziarah yang datang ke makam, mereka harus melewati jalan yang rusak parah, malu juga kita dibuatnya,” ujar  Kades.
Akibat rusaknya jalan tersebut, hampir setiap hari ada saja kecelakaan yang menimpa para pemakai jalan. Apalagi saat musim hujan seperti sekarang ini, kondisinya semakin parah saja, sudah berlubang, dipenuhi air, becek dan licin.
“Warga kami sudah sangat bersabar menunggu perbaikan beberapa tahun ini, tapi kok tidak ada tanda-tanda bakal diperbaiki. Kami harus menunggu sampai kapan lagi. Apakah harus menunggu banyak lagi,” ujarnya kesal.
 Kepala Desa Rumintin dan Harapan Masa mengusulkan agar di desa mereka dibangunkan TK, karena jumlah anak-anak lumayan banyak.
Ada juga usulan pembuatan jalan tani, hingga permintaan ternak sapi, seperti yang diusulkan oleh warga Desa Suato Tatakan.
Seluruh usulan tadi, akan dirumuskan dan dibahas bersama-bersama oleh jajaran Kepala Desa, Camat, dan instansi terkait. Dan yang menjadi prioritas akan diusulkan di dalam Musrenbang Kabupaten, yang rencananya akan dilaksanakan pada pertengahan Bulan Maret 2012 nanti.
Acara Musrenbang ini dipimpin langsung oleh Camat Tapin Salatan Tajudin Noor SSos, yang digelar di Aula kecamatan Tapin Selatan. Metro7/fit