oleh

Musrenbang Kecamatan Mantewe Usulkan 60 Program Pembangunan

TANAH BUMBU – Pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrembang) khususnya ditingkat kecamatan, dinilai positif oleh Camat Mantewe, H Sulhadi.

Pasalnya, forum tersebut menjadi momentum yang tepat untuk melakukan penajaman, penyelarasan, klarifikasi, dan kesepakatan usulan rencana kegiatan desa dengan program yang ada di kecamatan.

“Di forum ini, usulan dari desa kita integrasikan dengan prioritas pembangunan di wilayah kecamatan,” papar Bupati Tanah Bumbu melalui sambutannya yang dibacakan Camat Mantewe, H Sulhadi saat membuka acara Musrembang Kecamatan, di Mantewe, Kamis (13/02/2020).

H Sulhadi mengungkapkan, Musrembang kecamatan merupakan bagian penting dalam proses perencanaan pembangunan yang melibatkan masyarakat yang lebih luas.

Hal ini penting ungkapnya, sebab Musrembang menjadi media pemerintah untuk melibatkan partisipasi masyarakat.

“Pelibatan masyarakat dalam pembangunan sudah tentu mutlak adanya, disamping merangkul keikutsertaan masyarakat itu sendiri, partisipasi yang diberikan secara tidak langsung memberi peningkatan kapasitas program yang dijalankan, maupun bagi masyarakat itu sendiri,” terangnya.

H Sulhadi juga menjelaskan berbagai aspirasi masyarakat dari dua belas desa, disetiap desa mengusulkan sebanyak lima usulan yang telah dicatat di musrenbang Kecamatan Mantewe.

“Dari hasil musrenbang di tingkat kelurahan, ada sekitar 60 program usulan yang telah diajukan oleh warga masyarakat, dari masing masing desa ada lima usulan yang diajukan. Musrenbang di tingkat kecamatan inilah nanti akan dirumuskan yang mana akan menjadi skala prioritas di wilayah Kecamatan Mantewe,” ucapnya

H Sulhadi juga mengharapkan agar para Kepala SKPD teknis yang hadir pada musrembang kecamatan ini dapat segera menyerap usulan dari masyarakat kedalam pagu sektoralnya. Sebab, usulan-usulan yang lahir di musrembang desa dan kecamatan ini tidak semua dapat diakomodir pada pagu wilayah.

“Karena kita inginkan alokasi pagu wilayah dititikberatkan untuk mengakomodir kebutuhan dalam hal pemberdayaan masyarakat sebab langsung menyentuh masyarakat. Dan usulan yang berkaitan dengan kebutuhan warga dibidang infrastruktur, sebaiknya diakomodir,” tandasnya.

Pada kegiatan musrembang ditingkat kecamatan ini dihadiri oleh Anggota DPRD Perwakilan Mantewe Parman, Forkopimcam, Kepala Bappeda dan Kepala SKPD Teknis, Koramil, Polsek, para Lurah serta delegasi se-kecamatan Mantewe. (metro7/khairil)