oleh

Musrenbang RKPD Pemkab Tabalong, Gambarkan Pembangunan Lima Tahun Lalu dan Kedepan

TANJUNG – Pemerintah Daerah Kabupaten Tabalong menggelar musrenbang Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tingkat kabupaten, dihadiri oleh seluruh pejabat Pemda, DPRD Tabaong, Muspida, perbankan perusahaan, serta pihak terkait yang ada di Tabalong, kegiatan ini digelar di Pendopo Bersinar, Kamis tadi.

Kepala Bappeda Kabupaten Tabalong H.Mahdi Noor dalam forum musrenbang RPJMD memaparkan materi RPJMD secara rinci tentang gambaran umum program pembangunan dan capaian 5 tahun terdahulu dan program 5 tahun kedepan.

Selain itu, Kepala Bidang Sosial Budaya Bappeda Provinsi Kalimantan Selatan, Ilyas berharap kegiatan ini dapat menghasilkan perencanaan pembangunan jangka menengah yang berkualitas, yang mampu menjawab permasalahan dan tantangan yang dihadapi daerah.

“Tentunya kita harapkan dapat mempercepat kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tabalong pada khususnya dan di Provinsi Kalimantan Selatan pada umumnya,” katanya.

Sementara Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani dalam sambutannya mengatakan, murenbang hari ini merupakan suatu kegiatan yang penting, karena menurut peraturan perundang-undangan paling lambat 6 bulan setelah dilantiknya Bupati dan Wakil Bupati yang baru, maka RPJMD ini sudah harus dimililiki oleh Kabupaten yang bersangkutan.

Disebutnya pada RPJMD 2014-2019 lalu telah sepakat bahwa, visi pembangunan Kabupaten Tabalong menuju Kabupaten Tabalong yang agamis, sejahtera dan mandiri. Dalam rangka mewujudkan visi tersebut juga sepakat melaksanakan 12 program prioritas.

“Dari 12 program prioritas yang sudah kita laksanakan itu alhamdulillah berada keberhasilan sudah kita raih, yakni 5 tahun berturut-turut kita meraih opini wajar tanpa pengecualian. Termasuk peningkatan angka IPM, serta harapan hidup serta angka lama sekolah,” katanya.

Selain itu indikator lain yang membuat yakin tentang apa yang sudah dilakukan, termasuk pertumbuhan ekonomi.
Selanjutnya untuk angka kemiskinan telah mengalami penurunan yang pada tahun 2018 menjadi 5,59 %.

“Semua itu bisa terwujud atas kerja keras kita bersama,” katanya.

Atas semua keberhasilan itulah dikatakannya saat mencalonkan diri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Tabalong ia mengajukan visi pembangunan 5 tahun kedepan yakni menuju Kabupaten Tabalong yang kebih agamis, sejahtera dan mandiri.

“Kami berkomitmen melalui forum musrenbang ini apa yang kita rencanakan terhadap program-program yang secara nyata dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Tabalong, akan terus kita lanjutkan,” imbuhnya (metro7/via).