Desa Membangun Negeri
Jumat, 9 Okt 2020 20:07 WIB

Nadiem Makarim Resmi Ubah UN menjadi Asesmen Nasional

Reporter :  Rachmi Nafissa Ramadhan - Kab. Tabalong, Kalimantan Selatan
Editor :  M Khairil Ismitullah

TANJUNG, metro7.co.id – Menteri Pendidikan Republik Indonesia, Nadiem Makarim resmi menghapus ujian nasional pada tahun 2021, kemudian menggantinya menjadi Asasmen Nasional. Hal tersebut tentunya tidak hanya dirancang sebagai menggantikan Ujian Nasional (UN), akan tetapi menjadi penanda perubahan paradigma evaluasi pendidikan, Jum’at (09/10/2020).

Beradasarkan info resmi dari hasil Webinar Lembaga Komite Nasional (LKSN) ada beberapa perbedaan antara Asesmen Nasional dengan Ujian Nasional, yaitu UN yang awalnya fixed test, satu set soal untuk semua peserta, menjadi Multistage adaptive test. Serta dalam sistem pengerjaannya UN menggunakan kertas dan komputer sedangkan Asesmen Nasional menggunakan komputer serta soal berlapis yang disesuaikan dengan kemampuan siswa.

Kemudian, dari hal yang diukur dalam Ujian Nasional adalah Capaian pada kompetensi kurikulum berdasarkan mata pelajaran, sedangkan Asesmen Nasional adalah capaian kompetensi pada literasi membaca dan numerasi, karakter siswa, dan gambaran lingkungan belajar.

Untuk peserta test, dalam UN hanya semua peserta didik kelas 6, 9 maupun 12, sedangkan Asesmen Nasional didik terpilih kelas 5, 8, dan 11 dari semua sekolah atau satuan pendidikan.

Halaman: 1 2

CLOSE