TAPANULI SELATAN, metro7.co.id -Sebanyak 35 Anggota DPRD Kabupaten Tapanuli Selatan (Tapsel) periode 2024-2029 secara resmi dilantik dan diambil sumpah/janjinya pada Rapat Paripurna DPRD Tapsel dengan agenda Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD Tapsel periode 2019-2024 dan Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Tapsel periode 2024-2029, di ruang Sidang Utama Kantor DPRD Tapsel, Sipirok, Selasa (13/8/2024).

Rapat Paripurna dibuka Ketua DPRD Tapsel Abdul Basith Dalimunthe. Dilanjutkan pembacaan Surat Keputusan (SK) Pj. Gubernur Sumatera Utara tentang Peresmian Pemberhentian dan Pengangkatan DPRD Tapsel oleh Sekretaris DPRD Darwin Dalimunthe, S.Pd. yang dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan DPRD Oleh ketua pengadilan Negeri padangsidimpuan, Silvia Ningsih, SH. MH sekaligus penandatanganan berita acara.

Untuk memfasilitasi pembentukan kelengkapan Alat dewan perlu diangkat pimpinan semetara yang bertugas sebagai Pimpinan Sementara DPRD Tapsel, Rahmat Nasution S.Sos dari Partai Golongan Karya(Golkar)dan Abdul Basith Dalimunthe dari Partai Gerindra yang masing masing merupakan Partai pemenang dalam pileg Tapsel 2024 dengan komposisi Golkar 8 Kursi dan Gerindra 5 Kursi. Sesuai dengan peraturan yang berlaku, pimpinan sementara DPRD bertugas untuk memimpin rapat-rapat DPRD, memfasilitasi pembentukan fraksi-fraksi, memfasilitasi penyusunan rancangan peraturan tata tertib DPRD dan memproses pemilihan pimpinan DPRD definitif.

Wakil Bupati Tapsel Rasyid Assaf Dongoran dalam pidatonya menyampaikan terima kasih kepada KPU dan Bawaslu sebagai penyelenggara pemilu. Termasuk TNI/Polri yang telah terlibat langsung dalam mengamankan dan menyukseskan pemilu 2024. Serta terima kasih kepada masyarakat Tapsel sudah ikut dalam pemilu yang jujur, adil dan taat hukum.

Kepada anggota DPRD yang telah berakhir, Rasyid Assaf berterima kasih telah ikut membangun Tapsel, semoga tetap mengabdikan dirinya kepada masyarakat.

Sementara kepada anggota DPRD yang baru dilantik diberikan ucapan selamat.

“Terpilihnya sebagai anggota DPRD bukan merupakan puncak tujuan. Terpilih ini adalah sebuah jembatan bagaimana nantinya mampu memberikan pelayanan sebagai penyambung aspirasi rakyat. Paling tidak bagaimana memfasilitasi untuk membangun Tapsel dan mampu jalankan tugas sesuai amanat rakyat,” tegas Rasyid.

Dalam kesempatan tersebut Rahmat juga menyampaikan terima kasih kepada anggota DPRD Tapsel yang telah mengakhiri masa tugasnya. “Kami berikan penghargaan setinggi-tingginya atas pengabdian dan dedikasinya. Semoga Tuhan senantiasa melimpahkan karunia agar memperoleh kesejahteraan,” kata Rahmat.

Ucapan terima kasih juga diberikan kepada KPU, Bawaslu, TNI/Polri dan masyarakat Tapsel yang telah berpartisipasi aktif dalam pemilu serentak 2024 yang berlangsung aman, damai, tertib dan lancar.

Kepada anggota DPRD yang baru, Rahmat mengajak untuk meningkatkan peranan dan fungsi DPRD baik dalam fungsi legislasi, anggaran maupun fungsi pengawasan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah. Dengan sungguh-sungguh akan mengabdikan diri untuk kemajuan Tapsel.

Tampak hadir dalam Acara pelantikan, Wakil Bupati Tapsel Rasyid Assaf Dongoran, S.Si, M.Si, Anggota DPRD Tapsel 2019-2024, Anggota DPRD Tapsel terpilih 2024-2029, Forkopimda Tapsel, Sekda Tapsel Sofyan Adil Siregar beserta Pejabat dilingkungan Pemkab Tapsel, Camat, KPU, Bawaslu, Ketua Organisasi Kewanitaan, Pimpinan Partai Politik, Ormas, serta sejumlah undangan lainnya seperti Ketua DPRD Psp, Siwan Siswanto, Sekda Psp, Dr. H. Letnan Dalimunthe, SKM, M. Kes. Beserta undangan lainnya yang memadati gedung DPRD Tapsel. ***