WONOSOBO, metro7.co.id – Sebanyak 75 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kabupaten Wonosobo telah menandatangani pakta integritas, sebagai komitmen untuk menyukseskan Pemilu 2024.

Dalam acara pelantikan yang diadakan di Hotel Kresna pada 16 Mei 2024, Bupati Wonosobo Afif Nurhidayat menekankan pentingnya pelaksanaan tugas PPK sesuai amanah UUD 1945, dengan mengutamakan prinsip langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Bupati Afif juga mendorong PPK untuk menciptakan iklim demokrasi yang sejuk dan partisipatif, dengan menjunjung tinggi integritas dalam setiap proses pemilu.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Wonosobo, Ruliawan Nugroho, menyampaikan bahwa proses seleksi PPK berlangsung dari 23 April hingga 13 Mei 2024, dengan metode seleksi terbuka yang menghasilkan 75 anggota terpilih dari 305 pendaftar.

Ruliawan berharap, dengan dominasi anggota PPK yang berusia muda, mereka dapat beradaptasi dan bekerja secara optimal dalam menghadapi dinamika politik dan regulasi yang terus berubah. Pakta integritas yang ditandatangani bukan hanya formalitas, tetapi sebagai janji untuk bekerja secara profesional dan netral.

Bupati Afif menekankan bahwa suksesnya Pemilu 2024 tidak hanya diukur dari aspek prosedural tetapi juga substansial. Oleh karena itu, anggota PPK diminta untuk segera berkoordinasi dengan penyelenggara pemilu di berbagai tingkat dan memastikan tugas mereka dilakukan dengan integritas, profesionalisme, dan netralitas yang tinggi. Dengan demikian, diharapkan hasil pemilu yang berkualitas dan keputusan yang dihasilkan dapat mencerminkan keinginan masyarakat Wonosobo.***