ACEH TENGGARA, metro7.co.id – 24 Dayah se Kabupaten Aceh Tenggara, menerima bantuan air minum Ro Hexagonal, dari UPTD Daya Kabupaten Aceh Tenggara.

Acara presmian dan serah terima depot air minum Ro Hexagonal tersebut, diserahkan secara simbolis oleh Bukhari, Wakil Bupati Aceh Tenggara, dan Samri,S.Ag Kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah UPTD Dayah AcehTenggara, dengan menandatangani Prasasti di Opoorum sekdakab, selasa (17/11/20).

Samri,S.Ag, Kepala UPTD Dayah Aceh Tenggara, Mengatakan bahwa di tahun 2020 ini Program UPTD Dayah Aceh Tenggara, diantaranya pengadaan depot air minum Ro Hexagonal, yang di bagikan kepada 24 (dua puluh empat) Dayah se Aceh Tenggara, Dayah yang berda di 12 (dua belas) Kecamatan, dari 16 (Enam belas) Kecamatan di Kabupaten Aceh Tenggara, karena ada 4 (Empat) Kecamatan lagi yang belum mempunyai Dayah.

Adapun tujuan program pengadaan depot air minum Ro Hexagonal ini, agar air bersih tersebut dapat langsung di komsumsi oleh para santri, agar sehat dan berprestasi.

Ada pun depot air Ro Hexagonal hasil dari tes Tds nya sekitar 95 sampai dengan 160 Ph nya, dan air minum yang layak di komsumsi langsung dari hasil tes Tds Depot Air Minum, sekitar, Ph 0 sampai dengan 49, Ph, dan allhamdulilah, seluruh depot air minun di seluruh Dayah hasil, ro te tesnya 4 sampai dengan 9 kebawah Ph nya jadi itu sudah sangat layak untuk di minum.kata samri

Lanjut samri,S.Ag menambahkan bahwa program pengadaan air minum Ro Hexagonal ini, dari 23 (dua puluh tiga ) Kabupaten, Kota di Provinsi Aceh ini, baru di Kabupaten Aceh Tenggara, yang sudah di lakukan,tambah ia

Dengan sudah adanya depot air minum Ro Hexagonal di setiap dayah ini, harapan kedepannya, air minum tersebut bukan hanya untuk di komsumsi untuk para santri saja, air minum tersebut bisa di jual ke masyarakat dan hasil penjualan nya tersebut bisa membatu penghasilan bagi para santri tersebut. Harap samri.

Acara tersebut, di hadiri oleh Wakil Bupati, Sekda, Asisten, Camat dan Para Pimpinan Dayah, Serta Para undangan.*
Reporter. M.Yusuf. Kab. Aceh Tenggara. Aceh