KUTACANE, metro7.co.id– Kabupaten Aceh Tenggara di hujani abu pulkanik dampak dari gunung sinabung di Kecamatan Nanan Teran Kabupten Karo Sumatra Utara, yang meletus Selasa (2/3/2021).

Terlihat jelas abu pulkanik dampak dari letusan gunung sinabung bertaburan di Aceh Tenggara, mengakibatkan terganggu nya pandangan masyarakat pengguna kendaraan roda dua maupun roda empat.

Julkipli, salah satu warga Lawe Sagala- gala saat di jumpai media metro7.coi.id- mengatakan kejadian ini sudah biasa apa bila Gunung Sinabung di Karo Kabupaten Sumatra Utara tersebut meletus ini terjadi turunnya abu pulkanik ini baru hari ini terjadi.

Apa lagi  di musim kemarau ini Aceh Tenggara dengan Sumatra Utara ini daerah perbatasan kota, sudah pasti Aceh Tenggara ini terdampak hujan abu pulkanik tersebut, Katanya.

Harapan Julkipli, kepada pemerintah khususnya dinas kesehatan Aceh Tenggara untuk secepat nya melakukan upaya kebijakan, untuk membagikan masker kepada masyaraka, karena abu pulkanik letusan gunung sinabung ini sangat berbahaya untuk kesehatan, terutama bagi anak anak. Harapnya.

Semetara Saipulah Habib, sekertaris dinas kesehatan saat di komfirmasi metro7.co.id mengatakan dirinya belum masuk kantor karena baru menghadiri acara musrenbang di kecamatan. “Hubungi saja kabid di dinkes,” katanya.

Kabid penjegahan dan pengendalian penyakit (p2p) dinas kesehatan Aceh Tenggara, Jefri mengatakan hal yang serupa. “Saya belum masuk kantor, jadi belam tau belum ada perintah dari kadis,” ujar jefri.[]