KUTACANE, metro7.co.id – UPTD Khusus Dayah Aceh Tenggara menggelar Festival Kreatifitas Santri Dayah se-Aceh Tenggara II di Dayah Darul Amin, Kecamatan Babul Makmur, Selasa (22/11/2020).

Kegiatan dilaksanakan selama tiga sampai dengan 24 Desember 2020.

Kepala UPTD Khusus Acah Tenggara,  Samri dalam sambutannya mengatakan, Festival Kreatifitas Santri Dayah II diikuti sebanyak 1.158 santri dari 25 dayah se-Aceh Tenggara. Menurutnya, ada peningkatan jumlah peserta yang signifikan daripada pelaksanaan sebelumnya.

Diterangkan, pengembangan minat dan bakat santri yang dilombakan di antaranya nasyid rebbana, pidato bahasa Indonesia, qira’atil kutub, drama Islami, shalawat kreasi, dala’ il khairat, tahfidz 30 juz, pidato bahasa Inggris, pidato bahasa Arab, khattil qur’an, fardu kifayah dan aktraksi beladiri.

Lanjut Samri, khusus untuk juara qira’atil kutub dan tahfuzd 30 juz, adiahnya adalah Umroh. Program hadiah umroh ini dari 23 kabupaten/kota di Aceh, baru Aceh Tenggara yang sudah dua kali memberikan hadiah umroh pada santri yang berprestasi.

“Dengan adanya acara festival di Pondok Pesantren atau Dayah ini sekaligus untuk meminimalisir pengguna narkoba bagi generasi muda Aceh tenggara,” kata Samri.

Selain itu, program UPTD Dayah Aceh Tenggara dalam usaha untuk meciptakan dayah sehat kini sudah mulai terwujud. Baru-baru ini UPTD dayah Aceh Tenggara membagikan 24 depot air minum ke dayah se-Aceh Tenggara.

“Dengan adanya depot air minum tersebut bisa untuk menambah pemasukan bagi santriwan-santriwati dan untuk kedepannya akan kita benahi lagi,” pungkasnya.