ACEH TENGGARA, metro7.co.id – Bimbingan Teknis (Bimtek) Desa se-Aceh Tenggara, di Hotel Santika Dyandra Kota Medan Sumatera Utara, gelombang pertama telah selesai dan para peserta sudah mulai berangsur pulang, Senin (19/10/20).

Bimtek Desa Se-Aceh Tenggara tersebut sesuai dengan Surat Bupati Aceh Tenggara, dengan  Nomor : 140 / 392 untuk jadwal gelombang peserta pelatihan bimtek yang dibagi menjadi tiga gelombang.

Menurut Jul Kipli, Kepala Desa Pangur Kecamatan Deleng Pokhkisen, gelombang pertama bimtek pelatihan desa sudah selasai, yang dari lima kecamatan, dan di ikut 440 peserta. “Selama mengikuti bimtek seluruh peserta yang ikut tidak boleh berkeliaran atau singgah ke tempat-tempat hiburan sesuai imbauan bupati,” katanya.

Jul Kipli menambahkan, dirinya sebagai kepala desa beserta perangkatnya akan berusaha mengembangkan serta menerapkan hasil pelatihan dalam materi-materi yang sudah dipelajarinya. Seperti tentang Kewenangan Hak Asul Usul Desa, Kewenangan Lokal Berskala Desa dan Kewenangan Pemerintah Daerah. “Materi-materi tersebut akan dapat diterapkan di desa masing-masing karena banyak sudah ilmu yang sudah didapat dari hasil bimtek yang dilaksanakan sekarang ini,” tambahnya.

Ketua Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Aceh Tenggara, Nawi Sekedang melalui Sekertarisnya, Zul Kanedi, menjelaskan, untuk gelombang pertama sudah selesai, peserta pun sudah berangsur pulang dan gelombang kedua akan dihadirkan peserta dari lima kecamatan lagi. Diantaranya, peserta dari kecamatan Babussalam, Bambel, Lawe Sumur, Lawe Alas dan Semadam.

“Peserta gelombang kedua insyaallah hari Rabu tanggal 21 Oktober 2020 sudah mulai untuk mengikuti Bimbingan Teknik Desa tersebut, dan untuk fasilitas hotel dimulai pada pukul 14.00 WIB Selasa 20 Oktober 2020,” jelas Zul Kenedi.*