MALANG, metro7.co.id – Ahmad Fauzi, kandidat Sarjana Mengabdi Ekuevalensi (KSM-E) dari Universitas Islam Malang (Unisma), menyasar Desa Wringinanom, Kecamatan Poncokusumo, Kabupaten Malang.

Dalam kesempatan itu, Fauzi yang merupakan Sarjana Administrasi Publik dari Unisma mengajak pemuda desa untuk mempercepat pengembangan wisata setempat.

Fauzi mengatakan, kemajuan suatu bangsa perlu peran pemuda. Desa menjadi tombak dalam mempercepat visi Indonesia emas.

“Pemuda desa harus peduli, perhatian, dan aktif dalam memajukan seluruh potensi desa. Pengelolaan dan pengembangan menjadi kunci keberlanjutan capaian Desa Wringinanom. Identifikasi potensi yang ada, termasuk wisata dan tanah pertanian,” ujarnya pada acara dengan tema ‘Pemuda Hebat Menuju Desa Bermartabat’, Kamis (15/8).

Fauzi juga menggarisbawahi pentingnya penerapan konsep pentahelix dalam pengembangan potensi wisata.

“Kolaborasi antara akademisi, pemerintah, pebisnis, masyarakat, dan media sangat penting. Pemudalah yang harus memfasilitasi kolaborasi ini untuk mempercepat perkembangan wisata dan potensi alam Desa Wringinanom,” jelasnya di hadapan 60 peserta, termasuk anggota Karang Taruna, pemuda sadar wisata, dan kandidat Sarjana Mengabdi Unisma.

Senada dengan Dosen Pendamping Lapangan (DPL), Yandri Radhi Anadi menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk belajar dan mengabdi kepada masyarakat.

“Bersama kita bisa menjadi pemuda hebat yang berkontribusi pada kemajuan negeri dengan apa yang kita lakukan di sekitar,” ujarnya saat membuka acara.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kelompok KSM-E Badan Eksekutif Mahasiswa dan Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Unisma. Diharapkan, ke depan Desa Wringinanom akan mengalami kemajuan pesat dalam sektor wisata dan masuk dalam 10 besar Anugerah Desa Wisata Indonesia.