BREBES, metro7.co.id – Sejumlah Pedagang Kaki Lima (PKL) Alun Alun Brebes beramai ramai pindahkan dagangan dari tempat semula, alun alun Brebes ke tempat relokasi di Stadion Karangbirahi Brebes, Kamis (7/9).

Pemindahan tersebut lantaran Pemda Brebes akan merevitalisasi bangunan alun alun Brebes.

Para pedagang ini akan menempati tempat relokasi selama revitalisasi berlangsung namun belum di ketahui hingga kapan.

Pemindahan para pedagang ini difasilitasi Pemda Brebes dengan kendaraan truk. Sekitar 200 pedagang setiap orang akan menempati los 3 x 3 meter yang sudah ditentukan berdasarkan undian.

Relokasi ini juga sudah dilengkapi kelistrikan, tempat parkir, toilet, mushola, dan Tempat Pembuangan Sementara (TPS).

Para pedagang akan menempati tempat relokasi selama revitalisasi berlangsung namun belum di ketahui hingga kapan.

Ketua Paguyuban PKL Pendopo Sejahtera Ahmad Jazuli menjelaskan, seluruh pedagang setuju pindah ke Karangbirahi demi membantu kelancaran pembangunan alun-alun.

“Sekarang kami sudah pindah, mudah-mudahan ada hikmah, laris dan tambah barokah, tentunya seluruh pedagang juga menginginkan Alun-alun menjadi indah, rapi dan sejajar dengan alun-alun daerah lain,” kata Jazuli.

Hal lain disampaikan pedagang lain, meski sebenarnya enggan pindah namun tetap mengikuti lantaran mengindahkan perintah.

“Kami sebenarnya enggan pindah karena kita disini harus dari nol lagi, namun harus bagaimana kami tetap harus mengikuti perintah,” ujar salah satu pedagang.

Sementara salah satu aktivis Brebes, Jamal, menilai relokasi pedagang alun alun Brebes di tempatkan di komplek Karang Birahi Brebes dianggap kurang mengena, menurutnya itu akan menambah kesan kumuh di sebuah stadion olah raga.

“Kami menilai relokasi pedagang di Karang Birahi ini kurang tepat, kenapa ?, karena akan terlihat kurang menarik lantaran di sebuah stadion olahraga namun terkesan kumuh di penuhi pedagang,” tutup Jamal.