PANDEGLANG, metro7.co.id – Bupati Pandeglang, Irna Narulita, mengungkapkan jika dirinya mengutuk Zionis Israel yang melakukan penindasan kepada kaum muslimin yang ada di Palestina.

“Hari ini kita doakan saudara kita di Palestina. Karena, sesungguhnya setiap muslim itu bersaudara,” kata Irna, usai menghadiri acara Istighosah di Masjid Agung Ar-Rohman, Pandeglang, Banten, Kamis (20/5/2021).

Menurut Irna, muslimin di Indonesia bisa membantu warga Palestina dengan memberikan dukungan berupa donasi. Irna pun mengimbau para Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pandeglang ikut berkontribusi dalam donasi tersebut.

“Sementara baru terkumpul Rp 65.258.500,00, belum ditambah nanti di tiap kecamatan. Saya harap bisa mencapai angka Rp 1 Miliar, karena donasi akan terus digalang,” pungkasnya.

Kegiatan istighosah tersebut juga digelar sekaligus dengan pengumpulan donasi. Istighosah untuk muslim Palestina ini dimotori oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pandeglang yang digelar serentak di 35 kecamatan di Pandeglang.

Ketua MUI Pandeglang, KH TB Hamdi Ma’ani, mengatakan, dirinya merasa prihatin atas tindakan kaum zionis. Namun, karena keterbatasan jarak, menurut ketua MUI, untuk membantu tidak harus datang langsung ke Palestina. 

“Kita semua berdoa, karena doa adalah senjatanya umat mukmin,” ujarnya.

Dia mengungkapkan, dalam istighosah, mereka memakai Hijib Nasor. “Mudah-mudahan kaum zionis segera Allah SWT lenyapkan dan kaum muslim terbebas dari penindasan,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekda Pandeglang, Pery Hasanudin mengungkapkan, penggalangan dana untuk Palestina ini memang ada imbauan bagi semua pegawai Pemda Pandeglang. Kendati demikian, ini bukan sebuah paksaan namun lebih kepada keikhlasan. “Kami ingin mengetuk hati semua para ASN untuk dapat membantu, dan membantu itu tidak akan rugi. Sebesar apapun bantuannya tentu akan menjadi amal baik kita,” ujarnya.

Untuk penyaluran uang dari hasil penggalangan dana ini, Pery mengatakan, akan menunggu instruksi pimpinan untuk pemilihan lembaga kemanusian yang kredibel. 

“Kita akan terus lakukan penggalangan dana ini. Sehingga, nanti kita akan berikan kepada sebuah lembaga yang dapat dipercaya,” pungkasnya.[]