PANDEGLANG, metro7.co.id – Stunting merupakan permasalahan bersama tidak hanya pada sektor kesehatan.

Untuk menurunkan angka stunting, Pemerintah telah melakukan upaya intervensi spesifik yang dilakukan sebelum dan saat kehamilan.

Sebelum kehamilan Kementerian Kesehatan telah melakukan Gerakan Aksi Bergizi yang ditujukan bagi remaja putri dan telah dijalankan di seluruh Indonesia.

Tepatnya di aula kantor Desa Citeureup Kecamatan Panimbang Kabupaten Pandeglang, Banten. Digelar kegiatan mari dukung ibu hamil lebih sehat dan bahagia, dari BLUD Puskesmas Kecamatan Panimbang, Sabtu (17/12).

Kegiatan rutin ini dihadiri, Dr Ade Rosyadi, bidan Hj Yatminah, bidan koordinator Susi, bidan Maisyaroh, Widyawati kepala bidan ruang bersalin, Indriani Lestari S dari klinik, seluruh kader Desa Citeureup dan peserta Ibu hamil.

Upaya selanjutnya pada saat kehamilan adalah melalui Gerakan Bumil Sehat yang baru saja dilakukan. Selama pandemi Covid-19 layanan esensial bagi ibu hamil.

Bertepatan juga dengan hari Ibu tanggal 22 Desember, Kampanye Bumil Sehat melibatkan Kementerian atau Lembaga di tingkat Pusat dan Daerah, swasta, organisasi profesi, organisasi masyarakat, serta seluruh masyarakat.

Gerakan ini dilakukan bersama-sama ingin memberikan awal kehidupan yang baik bagi anak untuk dapat hidup dan tumbuh sehat. Serta peristiwa persalinan yang seharusnya bahagia juga tidak menjadi peristiwa yang duka, anak dan ibu dapat hidup sehat dan selamat.

Sembilan bulan kehamilan bukan waktu yang singkat untuk mengoptimalkan setiap detail pertumbuhan janin. bekerja dengan beragam jenis pekerjaan. Ibu bekerja kadang sering terlupa menjaga kesehatan dan kehamilannya.

Untuk itu ibu hamil perlu dukungan tidak hanya dari suami maupun keluarga, namun juga tempat kerja, dan kita semua masyarakat sekitarnya.

Momentum ini untuk bersama-sama melindungi dan menciptakan lingkungan yang kondusif bagi semua ibu hamil di Indonesia lebih sehat dan bahagia melalui:
Pemeriksaan kehamilan minimal 6 kali dan 2 kali diantaranya USG oleh Dokter, Mengikuti kelas ibu hamil minimal, kali, Konsumsi Tablet Tambah Darah setiap hari, makan sesuai rekomendasi dan pantau berat badan, Melakukan persalinan di fasyankes.

“Saya yakin bahwa upaya dalam mendukung Ibu hamil sehat ini akan berdampak positif terhadap kesehatan masyarakat sebagai pilar pembangunan sumber daya manusia untuk terbentuknya generasi sehat Indonesia unggul bebas stunting,” kata Maisyaroh selaku Bidan Desa PKM Kecamatan Panimbang menutup sambutannya.