PADANGSIDIMPUAN, metro7.co.id – Ketua Bawaslu Padangsidimpuan, Ratno Afandi, meminta seluruh jajaran pengawas Pemilu 2024 mulai dari tingkat kota, kecamatan, hingga desa kelurahan untuk tak pandang bulu dalam penegakan keadilan. “Ini semua demi menciptakan Pemilu 2024 yang berintegritas,” ujar Ratno di sela Apel siaga pengawasan Pemilu 2024, Senin (4/11) di Halaman Kantor Wali Kota Padangsidimpuan.

Menurut Ratno, pihaknya sebenarnya tak pernah pandang bulu, terutama dalam hal penegakan keadilan Pemilu 2024 di Padangsidimpuan. Semisal, untuk menurunkan alat peraga kampanye yang bermasalah. Namun, sekarang di medsos banyak potongan-potongan informasi. “Terlebih, yang mengarah ke (berita) hoaks. Dan hal tersebut, harus kita tertibkan,” imbuhnya bersama Ketua Bawaslu Sumut, M Aswin Diapari Lubis.

Pihaknya juga memastikan kepada pengawas Pemilu di seluruh Kota Padangsidimpuan yang dalam Apel tersebut, bahwa kinerja mereka di bawah sumpah dan Tuhan menjadi saksinya. Di mana, para pengawas Pemilu harus berintegritas.

Ratno pun berharap para pengawas Pemilu di lapangan membuat strategi khusus. Yang mana tujuannya, untuk pengawasan kampanye di medsos atau secara nyata sesuai dengan karakteristik daerah masing-masing.

“Manfaatkan teknologi pemantauan dan analis data dan menggunakan alat kerja secara efektif. Pengawas Pemilu daerah membuat strategi khusus untuk pengawasan kampanye di medsos dengan mengidentifikasi kadar populer akun-akun yang berpotensi menyebarkan informasi palsu dan tren yang mungkin perlu pengawasan,” jelasnya.

Terakhir, Ratno pun meminta jajaran pengawas Pemilu bekerja maksimal. Ia meminta para pengawas Pemilu tidak hanya ada di kantor, namun juga harus menyebar di lapangan hingga selesai.“Siapkan mental maupun fisik. Serta, ajarkan kepada teman-teman lainnya bagaimana cara istirahat yang benar dan efektif. Agar, kesehatan terjaga,” tandas Ratno.

Pj Wali kota Padangsidimpuan, Dr. H. Letnan Dalimunthe, SKM, M.Kes, bersama Forkopimda berharap pelaksanaan Pemilu 2024 dapat berjalan dengan berintegritas yang benar. Serta, sesuai aturan perundang-undang yang ada.

Ia juga mengatakan bahwa penyelenggaran Apel itu sebagai ikhtiar untuk mewujudkan Pemilu yang aman, damai, dan kondusif di Bumi Salumpat Saindege. “Atas nama Pemerintah Kota Padangsidimpuan, saya berharap penuh dan mendukung terciptanya suatu kondisi Pemilu yang aman, damai, berintegritas, bermartabat dan tanpa cela, serta zero pelanggaran,”ujar Letnan. *