TEMANGGUNG, metro7.co.id – Pramuka Kwartir Cabang Temanggung menggelar Jamboree On The Air (JOTA) – Jamboree On The Internet (JOTI) di Gedung Kwartir Cabang Temanggung dan diikuti sekitar 350 Pramuka sebagai langkah pembentukkan karakter.

Pj. Bupati Temanggung Hary Agung Prabowo mengatakan, Jota-Joti sangat penting dalam membina dan mendukung untuk peningkatan SDM generasi, serta pembentukan karakter anak bangsa sebagai generasi penerus agar berdikari.

“Kegiatan pramuka ini, untuk pembentukan karakter dan bermanfaat kedepan secara pribadi dapat mandiri,” kata Pj. Hary Agung Prabowo, ditemui usai membuka Jota-Joti, Jumat (18/10/2024).

Pj. Bupati yang juga ketua Pramuka Temanggung itu mengatakan, Jota-Joti digelar setiap tahun dengan tujuan pengenalan pramuka pada internet, media komunikasi dan radio untuk dimanfaatkan secara positif.

Ia mengatakan, Pramuka sebagai kegiatan ekstrakurikuler yang disahkan oleh pemerintah. Pramuka mendapat gemblengan agar mempunyai jiwa kuat, berkarakter dan bisa mandiri.

Wakil Ketua Kwarcab Pramuka Temanggung Dwi Sukarmei mengatakan, Jota-Joti dilaksanakan selama 3 hari, mulai hari Jumat (18/10/2024) hingga Minggu (20/10/2024) dan diikuti kurang lebih ada 350 orang.

“Jadi seluruh sekolah yang ada di Kabupaten Temanggung ada perwakilan. Tentu mulai dari SMP sampai dengan SMA,” jelasnya.

Jota-Joti sebagai kegiatan yang menarik, karena diberi materi pengenalan teknologi informasi dan dilatih cara mempergunakannya di bidang kepramukaan.

“Kita juga berdiskusi terkait dengan penggunaan internet,” pungkasnya. ***