PANDEGLANG, metro7.co.id – Hari TBC Anak Sedunia diperingati setiap tanggal 24 Maret. Dalam rangka peringatan Hari TBC Anak Sedunia tersebut, tahun ini BLUD UPT Kesehatan Puskesmas Kecamatan Cigeulis Kabupaten Pandeglang, Selasa (28/3).

Baik melalui siaran keliling maupun melalui pertemuan bersamaan dengan pelaksanaan UKBM yang ada di wilayah binaan Puskesmas Kecamatan Cigeulis.

Penyuluhan TBC Sedunia kali ini mengusung tema “Ayo bersama akhiri TBC INDONESIA bisa, Pandeglang, Cigeulis pasti bisa” Kegiatan siaran keliling dilasanakan petugas puskesmas dan puncak dari kegiatannya tersebut tanggal 24 Maret 2024.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dr Rizal selaku penyuluh dan penanggungjawab Program Tb Uum Umayah, Kepala Puskesmas Kecamatan Cigeulis H Endang, serta para orang tua balita.

Siaran keliling dilakukan dalam rangka edukasi masyarakat untuk mencegah penularan TB paru dan mengimbau masyarakat untuk membantu menginformasikan kepada anggota keluarga maupun masyarakat di sekitar tempat tinggal untuk mewaspadai gejala TBC. Masyarakat yang menjadi sasaran keliling ini.

Dalam siaran keliling ini disampaikan Dr Rizal kepada awak media mengatakan bahwa TBC adalah penyakit yang disebabkan oleh Mycobacterium tuberculosis yang memiliki gejala utama batuk berdahak atau tidak berdahak yang bisa disertai darah.

“Gejala lainnya yang menyertai yaitu meriang demam tidak terlalu tinggi, penurunan nafsu makan, penurunan berat badan, dan keringat dingin tanpa aktivitas terutama pada sore/malam hari. Penularan TBC Anak melalui droplet/percikan dahak pada saat penderita TBC batuk, bersin, atau berbicara. Kuman TBC yang keluar terhirup oleh orang lain melalui saluran pernafasan,” ujarnya.

Selain melakukan siaran keliling, Puskesmas Kecamatan Cigeulis juga mengadakan penyuluhan 2 hari berturut-turut pada Jumat 24 Maret 2023 dan Sabtu 25 Maret 2023. Penyuluhan pertama diadakan yang berlokasi di BLUD UPT Kesehatan Puskesmas Kecamatan Cigeulis penyuluhan ini bekerjasama dengan Penyuluhan kedua bersamaan dengan pertemuan Posbindu di Puskesmas Kecamatan Cigeulis

Dalam pertemuan ini disampaikan Kepala Puskesmas Kecamatan Cigeulis H Endang bahwa, masyarakat yang memiliki keluhan batuk lebih dari dua minggu atau batuk yang tidak kunjung sembuh untuk segera memeriksakan diri ke Puskesmas atau fasyankes terdekat dengan cukup membawa KTP atau Kartu Keluarga.

“Pengobatan TBC tidak dipungut biaya sejak dari awal pengobatan sampai akhir. Mari bersama kita putus rantai penularan TBC,” terangnya.