PANDEGLANG, metro7.co.id – Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) UPT Puskesmas Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang terus melakukan berbagai upaya dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di wilayah kerjanya, terutama dalam mencegah dan mengendalikan penyakit kronis.

Salah satunya adalah dengan melakukan kegiatan Prolanis atau Pengelolaan Penyakit Kronis setiap hari Jumat dalam satu minggu.

“Jadi hari ini Jumat, kami di Puskesmas Kecamatan Panimbang kembali melakukan kegiatan Prolanis. Kegiatan ini rutin kami laksanakan setiap Jumat dalam satu minggu,” jelas Wahyudin, Kepala BLUD UPT Puskesmas Kecamatan Panimbang, Jumat (17/5).

Wahyudin menjelaskan, Prolanis ini mulai dilakukan sejak tahun 2018 dengan tujuan utamanya adalah untuk mengendalikan dan mencegah penyakit kronis di Kecamatan Panimbang.

“Dengan kehadiran program Prolanis, kita harapkan orang yang mengidap penyakit tersebut jadi Usia Produktif Tersekrining dengan baik dan rutin. Juga pasien PTM dapat ditangani Sesuai Standar. Selain itu, diharapkan juga tidak ada lagi pasien baru seperti penyakit DM HT, kalau mungkin ada pasien dengan HT dan DM rutin minum obat,” tandasnya.

Adapun kegiatan yang dilakukan pada Prolanis ini meliputi pemeriksaan kesehatan, cek gula darah, tekanan darah, asam urat, kolesterol, senam bersama anti stroke dan DM, Germas, edukasi kepada peserta Prolanis UT mencegah penyakit dan pengobatan apabila ada keluhan dari peserta Prolanis.

Kegiatan melibatkan Dokter di BLUD UPT Puskesmas Kecamatan Panimbang, petugas PTM (Penyakit Tidak Menular) dan Tim Promosi Kesehatan