BREBES, metro7.co.id – Sekda Brebes Djoko Gunawan MT yang telah dilantik untuk Penjabat (Pj) Bupati Brebes menggantikan sebelumnya, Iwanuddin Iskandar diminta dapat untuk memperhatikan situasi keamanan jelang Pilkada serentak mengingat Brebes bersama Banyumas dan Sukoharjo merupakan wilayah calon tunggal.

“Saya harapkan kerja sama yang kuat antara pemerintah daerah, TNI, dan Polri dalam menjaga stabilitas. Jangan sampai muncul masalah yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban di wilayah tersebut,” seru Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana seperti disiar dalam website resmi Dinkominfotik Pemerintah Kabupaten Brebes.

“Pentingnya menjaga kondusifitas wilayah, terutama menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan datang,” ucap Nana saat melantik kedua Pj Bupati, di Wisma Perdamaian Semarang, Kamis (19/9).

Diketahui, selain melantik Djoko Gunawan sebagai Pj Bupati Brebes, Nana Sudjana juga melantik Iwanudin Iskandar menjadi Pj Bupati Banyumas menggantikan Hanung Cahyo Saputro yang sebelumnya menjadi Pj Bupati Brebes.

Keduanya diminta melaksanakan tugas sesuai arahan Pj Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana.

Nana juga meminta agar mereka segera mengambil langkah antisipatif terhadap bencana kekeringan yang disebabkan oleh musim kemarau.

“Segera menyesuaikan diri dengan kondisi wilayah masing-masing, evaluasi persoalan yang ada, dan fokus pada kesejahteraan masyarakat. Pilkada sudah di depan mata, serta situasi cuaca yang tak menentu memerlukan perhatian khusus, terutama dalam menghadapi ancaman kekeringan dan kebakaran hutan serta lahan,” jelasnya.

Nana menyoroti kasus kebakaran yang terjadi di kawasan Telomoyo dan tempat pembuangan akhir (TPA) di Brebes. Dia menekankan bahwa kebakaran hutan dan lahan dapat dicegah melalui kesadaran manusia.

“Kebakaran sebagian besar disebabkan oleh aktivitas manusia. Oleh karena itu, pengawasan ketat harus dilakukan di setiap TPA, terutama untuk mencegah tindakan sembrono seperti membuang puntung rokok sembarangan,” tegasnya.

Selanjutnya, Nana juga mendorong kedua Pj bupati untuk meningkatkan inovasi dalam layanan masyarakat serta mempromosikan potensi daerah kepada para investor guna mendukung pertumbuhan ekonomi wilayah Brebes dan Banyumas.

Pj Bupati Brebes terlantik, Djoko Gunawan menyatakan dia akan berupaya melaksanakan tugas dengan baik sesuai dengan arahan Pj Gubernur Jawa Tengah.

“Selain fokus pada Pilkada, tadi juga ada dua tugas penting yakni memberikan pelayanan masyarakat dan berupaya terus mensejahterakan masyarakat,” ucapnya.

Pihaknya juga akan bersinergi dengan seluruh Forkopimda serta OPD, “secepatnya akan segera mapping beberapa hal, seperti intervensi stunting, kemiskinan dan percepatan ekonomi di Kabupaten Brebes,” ucapnya

Sementara itu, Pj Bupati Banyumas Iwanuddin Iskandar menyampaikan, terima kasih kepada masyarakat Kabupaten Brebes terutama jajaran Forkopimda, OPD, camat dan lurah yang telah berkolaborasi bersama.

“Saya sudah maksimal berjuang untuk Brebes selama 9 bulan ini, tahun 2025 Brebes akan bisa segera tumbuh cepat, dan pemerintah provinsi maupun pusat akan membantu mengatasi permasalahan yang ada,” katanya.