BANGKA BELITUNG, metro7.co.id – Pasangan Mulkan-Ramadian mendaftarkan diri sebagai Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Bangka Periode 2024-2029 di Kantor KPU Bangka, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka, Rabu (28/8) siang.

Kedatangan keduanya itu turut didampingi oleh 10 partai politik (parpol) pengusung, ormas, LSM, serta tokoh masyarakat Sungailiat.

Dalam sambutannya, Mulkan ucapkan terima kasih kepada parpol koalisi, ormas, LSM, serta masyarakat yang telah memberikan dukungan penuh kepada dirinya dan Ramadian.

“Alhamdulillah kami diberikan kepercayaan dari 10 parpol untuk mengemban amanah sebagai calon bupati dan wakil bupati, InsyaAllah atas ridha Allah SWT dan kepercayaan masyarakat untuk memilih saya dan Ramadian, InsyaAllah kami akan menjadi Bupati dan Wakil Bupati Bangka Periode 2024-2029,” ucap Mulkan.

Meski digadang-gadang sebagai calon tunggal, namun Mulkan terlihat tidak ingin jumawa dan justru meminta masyarakat tetap mengawal proses demokrasi yang sedang berjalan.

Mulkan menegaskan kalau dirinya tidak akan melawan kotak kosong, melainkan melawan sosok yang tak terlihat.

Untuk itu, Mulkan berpesan, kepada masyarakat supaya tetap ikut berpartisipasi dalam Pilkada nanti, sehingga pesta demokrasi berjalan lancar dan sukses.

“Inilah yang perlu kita sosialiasikan bersama ke masyarakat, jangan sampai menganggap calon tunggal maka Pilkada sudah selesai. Pilkada tetap belum selesai, dan kami belum dinyatakan sebagai pemenang. Ini perlu kita sampaikan, jangan sampai masyarakat kita salah persepsi. Tanpa kedatangan masyarakat kita ke TPS dan memberi suara kepada Mulkan dan Ramadian, kami belum dinyatakan menang,” ujar Mulkan yang turut mengucapkan terima kasih kepada KPU Bangka serta partispasi parpol maupun masyarakat yang telah mendukung dirinya.

Sementara, Ketua KPU Kabupaten Bangka, Sinarto menyampaikan, KPU akan menetapkan pasangan Cabup dan Cawabup Kabupaten Bangka Periode 2024-2029, pada bulan September mendatang.

“Berkas sudah kita terima. Cabup pak Mulkan dan cawabup pak Ramadian. Berkas akan kita verifikasikan. Kami KPU ucapkan terima kasih. Nanti setelah verifikasi selesai, akan ditetapkan tanggal 22 September 2024 sebagai Cabup dan Cawabup Kabupaten Bangka Periode 2024-2029,” ujar Sinarto.

Sebagai informasi, ada 10 parpol pengusung pasangan Mulkan-Ramadian untuk berlaga di Pilkada serentak, yakni PDIP, Golkar, Nasdem, Demokrat, PKB, Gerindra, PPP, PKS, PAN, dan Perindo.

Sebelum mendampingi Mulkan dan Ramadian mendaftar ke KPU Bangka, Rabu (28/8) pagi, ke-10 parpol menyatakan deklarasi terbuka untuk mendukung Mulkan-Ramadian sebagai Cabup dan Cawabup Kabupaten Bangka Periode 2024-2029, di Hotel Manungal, Sungailiat, Kabupaten Bangka.