MALANG, metro.7.co.id – Ummu Nazilla, mahasiswa Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Universitas Islam Malang (Unisma), berhasil meraih juara 2 dalam ajang pemilihan Duta Perpustakaan Unisma.

Prestasi ini diraih dalam grand final yang berlangsung meriah dan diikuti oleh 10 mahasiswa terbaik dari berbagai fakultas, Sabtu (22/6).

Pemilihan duta perpustakaan ini bertujuan untuk mengembangkan minat baca dan literasi di kalangan mahasiswa, serta mendorong inovasi dalam pengelolaan perpustakaan kampus.

Ummu, yang meraih posisi runner-up, mengungkapkan dedikasinya dalam memajukan literasi di lingkungan kampus.

“Motivasi saya mengikuti duta perpustakaan Unisma adalah ingin memberikan inovasi baru agar pemuda saat ini kembali berliterasi dengan baik. Saya berharap ilmu yang saya dapat bisa bermanfaat buat semuanya,” ujarnya.

Dalam kompetisi tersebut, Ummu mempresentasikan ide-ide inovatif yang menghubungkan literasi dengan nilai-nilai Aswaja (Ahlusunnah wal Jamaah).

Ia menekankan pentingnya pengembangan literasi yang tidak hanya fokus pada ilmu umum tetapi juga pada ilmu agama.

“Kampus kita adalah kampus NU, jadi penting bagi mahasiswa Aswaja untuk mempelajari keduanya secara seimbang,” jelasnya.

Ummu juga menyoroti pentingnya literasi kritis dalam era informasi saat ini, supaya ke depannya seluruh mahasiswa Unisma dapat menciptakan generasi yang cerdas, kritis, dan berakhlak mulia sesuai dengan nilai-nilai Aswaja.

“Literasi dalam hal ini dijelaskan bahwa kita tidak boleh menelan berita mentah. Maka dari itu, literasi sangat diperlukan dan karakter yang harus ada dalam diri seseorang bisa dicerminkan oleh karakter dalam Aswaja, contohnya tawasuth, tasamuh, tawazun, dan i’tidal,” tambahnya.

Melalui karakter-karakter tersebut, Ummu berharap mahasiswa tidak hanya memperoleh pengetahuan secara teori tetapi juga mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Menurutnya, dengan mempraktikkan nilai-nilai Aswaja, literasi dapat memberikan manfaat lebih besar baik bagi diri sendiri maupun masyarakat luas.

“Harapan saya ke depannya adalah ingin menjadikan perpustakaan Unisma sebagai ladang untuk membaca dan meningkatkan kualitas perpustakaan dengan cara mengajak seluruh mahasiswa untuk senantiasa berliterasi dan berinovasi,” pungkasnya.