BREBES, metro7.co.id – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Brebes menyebutkan pasien yang diduga terkena suspek cacar monyet atau Mpox (Monkey pox) di Brebes dinyatakan belum Postif.

Pernyataan itu disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Brebes, Ineke Tri Sulistyowaty melalui Sekretaris Dinas Kesehatan (Sekdinkes) Brebes, Imam Budi Santoso kepada Metro7 saat dikonfirmasi.

“Dari hasil pemeriksaan dr kulit menyatakan tidak ada pembesaran kelenjar getah bening dan tidak ada Lesi di telapak tangan, maka dari hasil itu, lalu kami konsultasikan kembali ke Dinkes Provinsi, dan berdasarkan hasil tersebut dari Dinkes Provinsi menyatakan bukan Mpok,” terang Imam Budi Santoso. Sabtu (7/9).

“Saat ini kondisi pasien sekarang baik, Lesi di muka sudah mengering,” ujarnya.

Dia meminta warga untuk tetap tenang, namun tidak melepaskan kewaspadaan. “Kami harap warga tetap tenang namun tetap bersikap kewaspadaan, dan tetap menerapkan pola hidup sehat,” tandasnya.

Sebelumya, seorang warga Brebes diketahui diduga terkena virus cacar monyet atau Mpox. Pasian warga Brebes itu sebelumya dirawat di RS Mitra keluarga Kabupaten Tegal yang sudah dilaporkan ke Dinkes Provinsi itu diminta dipindahkan ke RSUD Brebes.

Dari pemeriksaan awal pihak dokter sebelumnya, memang diketahui pasien mengalami demam disertai muntah muntah dan muncul bintik bintik seperti cacar.

Namun dari pemeriksaan lebih lanjut, hasil sampel spesimen dari Dinkes Provinsi Jawa Tengah diketahui pasien tersebut belum positif terkena suspek cacar monyet atau Mpox.