BANGKA BELITUNG, metro7.co.id – Arus dukungan untuk pasangan Mulkan-Ramadian sebagai Bakal Calon Bupati dan Wakil Bupati Bangka Periode 2024-2029 asal PDIP semakin menguat dan solid.

Kini, dukungan tersebut datang dari sekretariat bersama (sekber) ormas di Kabupaten Bangka yang terdiri dari Pemuda Pancasila (PP), Laskar Merah Putih (LMP), dan Pemuda Batak Bersatu (PBB) Bangka Belitung (Babel).

Dalam jamuan makan, Kamis (8/8) siang, di Mega Resto, Kota Sungailiat, Kabupaten Bangka, jajaran sekber ormas mengundang Mulkan dan Ramadian untuk menyampaikan dukungannya secara langsung.

Ketua MPC PP Kabupaten Bangka, Virdy Nandy mengutarakan, bakal mengerahkan 700 anggota hingga ke tingkat ranting untuk memenangkan pasangan Mulkan dan Ramadian.

Alasan mendukung Mulkan, ujar Virdy, tak hanya dilihat dari capaian prestasinya saat memimpin Kabupaten Bangka, namun Mulkan dia katakan merupakan kader organisasi PP yang memang wajib untuk didukung penuh.

“Pak Mulkan adalah Ketua MPO dan Ramadian adalah Wakil Sekretaris di PP Bangka. Sesuai instruksi dari pusat, kami tidak berpolitik, tetapi kami wajib mendukung kader, baik di eksekutif maupun legislatif,” ujar Virdy.

Sementara LMP Macab Bangka menegaskan kalau organisasinya juga mendukung penuh kelanjutan kepemimpinan Mulkan ke depan.

Menurut LMP, kepemimpinan Mulkan sempat terkendala pandemi Covid-19, sehingga belum dikatakan maksimal memberikan pelayanan untuk masyarakat Bangka.

“Seorang pemimpin seharusnya menyelesaikan program yang telah dimulai. Kami siap dukung serta akan menggerakkan dukungan sampai tingkat ranting untuk memenangkan pasangan Mulkan-Ramadian,” tegas Ketua LMP Macab Bangka, Ari Sofyan.

Lain PP dan LMP, lain pula penilaian Persatuan Batak Bersatu (PBB) Babel mengenai sosok Mulkan.

Menurut Ketua PBB Babel, Sudarman Gultom, Mulkan ialah sosok pemimpin yang egaliter dan toleran terhadap masyarakat Batak yang hidup di Bangka.

Mulkan, menurutnya, tidak pernah membedakan masyarakat dari suku atau agamanya selama menjabat Bupati Bangka kala itu.

Karena itu, memercayakan kembali Mulkan dan Ramadian untuk memimpin Kabupaten Bangka untuk lima tahun ke depan, kata Gultom, merupakan pilihan yang tepat.

“Bagi suku Batak, Pak Mulkan ini tidak pernah menganaktirikan kami. Beliau sangat tinggi rasa sosialnya. Karena itu kami percaya beliau layak didukung kembali menjadi Bupati Bangka,” tutur Gultom yang berencana mengerahkan 1000-an anggota komunitas masyarakat Batak yang ada di Bangka.

Mulkan sendiri saat diwawancarai usai acara menyambut positif apresiasi yang diberikan rekan-rekan ormas kepada dirinya.

Ia pun turut mengucapkan terima kasih lantaran telah diundang dalam jamuan makan siang oleh ketiga ormas.

Mengusung ‘Maju Produktif dan Berkelanjutan’ atau disingkat Mapan sebagai tagline, Mulkan yakin jika dia dan Ramadian siap membangun Kabupaten Bangka menjadi kabupaten yang berkemajuan ke depannya.

“Hari ini kami bersilaturahmi dengan tiga ormas, yaitu PP, LMP, dan PBB. Kami sebagai pasangan calon dari PDIP, berkomitmen jika terpilih, kami tidak akan bekerja sendiri dalam memajukan Kabupaten Bangka menuju Mapan,” ungkap Mulkan.

Bupati Bangka Periode 2018-2023 itu berkata, kalau terpilih kembali, maka pihaknya siap untuk melanjutkan pembangunan di kabupaten tertua ini yang selama kurang lebih dua tahun sempat tersendat akibat pandemi Covid-19.

“Kami berkomitmen untuk melanjutkan program yang belum terselesaikan di periode 2018-2023. Banyak pembangunan yang terhambat karena pandemi Covid-19 pada tahun 2020-2021. Ini lah alasan kami mencalonkan diri kembali, dan kami berharap masyarakat dapat memberikan kepercayaan lagi untuk menyelesaikan PR yang belum tuntas ini,” tegas Mulkan.

Adapun Ramadian menjelaskan, alasan dirinya bersanding dengan Mulkan, karena hanya di era pemerintahan Mulkan pembangunan di daerah Belinyu dan Riau Silip terlihat nyata.

“Di era pak Mulkan, Belinyu dan Riau Silip dapat perhatian khusus untuk infrastruktur, pendidikan, dan kesehatan. Kami juga berkomitmen untuk lanjutkan pembangunan di daerah lainnya kalau terpilih nanti,” ujar tokoh politik generasi milenial kelahiran Belinyu itu.

Ia pun meyakini jika dukungan masyarakat dari daerah asalnya tersebut akan membawa dirinya dan Mulkan memenangkan Pilkada serentak pada November mendatang.

“Mudah-mudahan kita bisa bekerja sama untuk membangun daerah ini. Kami optimistis bahwa dukungan dari Kecamatan Belinyu dan Riau Silip akan menghantarkan kami sampai finish,” ucap Ramadian dengan penuh percaya diri.