SAROLANGUN, metro7.co.id – DPRD Sarolangun menggelar Rapat Paripurna Pengumuman Pembentukan Fraksi-Fraksi DPRD Sarolangun, di ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Sarolangun, dipimpin oleh Ketua Dewan, Ahmad Jani, Rabu (25/9).

Ahmad Jani, selaku Ketua DPRD Sarolangun periode 2024-2029 menyampaikan, peraturan DPRD, berdasarkan pernyataan tersebut Pimpinan DPRD bertugas memimpin rapat, memfasilitasi pembentukan Fraksi, memfasilitasi penyusunan tata tertib, menjadi juru bicara DPRD dan mempertanggung jawabkan pelaksanaan tugasnya dalam Rapat Paripurna.

Berdasarkan peraturan DPRD Sarolangun bahwa untuk mengoptimalkan fungsi, tugas dan wewenang DPRD serta hak dan kewajiban anggota DPRD, dibentuk Fraksi sebagai wadah berhimpun anggota DPRD, pembentukan Fraksi tersebut dilaporkan kepada Pimpinan DPRD untuk diumumkan dalam Rapat Paripurna.

Seiring dengan hal tersebut, pimpinan DPRD Sarolangun telah melakukan komunikasi kepada pimpinan Partai Politik terpilih agar membentuk Fraksi, susunan pimpinan, dan keanggotaannya.

Selanjutnya, Ahmad Jani membacakan surat dari masing-masing Parpol yang berisi nama-nama Fraksi dan susunan kepengurusan, delapan fraksi sebagai berikut:

Nama Fraksi: Fraksi PPP Sarolangun
Ketua Fraksi: Budi Handoko
Wakil Ketua: Patimah
Sekretaris: Fazin Hisabi
Anggota: Ahmad Jani dan Nurdin

Nama Fraksi: Fraksi Partai Golkar Sarolangun
Ketua Fraksi: Tabroni
Wakil Ketua: Asrin Amer
Sekretaris: Yusuf Helmi AB
Anggota Fraksi: M Julian Donovan, M Syaihu dan Cik Marleni

Nama Fraksi: Fraksi Partai PAN Sarolangun
Ketua Fraksi: Ade Saputra
Wakil Ketua: Sepriadi
Sekretaris: Dodi Arya Mustain
Anggota: Dedi Ifriansah

Nama Fraksi: Fraksi PDIP Sarolangun
Ketua Fraksi: Syahrial Gunawan
Wakil Ketua: Rasidi
Sekretaris: Lina Sari Dewi

Nama Fraksi: Fraksi PKS Sarolangun
Ketua Fraksi: H Zulkipli
Wakil Ketua: Siti Aisyah Harahap
Sekretaris: Febi Bastian

Nama Fraksi: Fraksi PKB Sarolangun
Ketua Fraksi: M Fadlan Arafiqi
Wakil Ketua: Muslimin
Sekretaris: Riki Anggriawan

Nama Fraksi: Fraksi Partai Gerindra Sarolangun
Ketua Fraksi: Azhar Pulungan
Wakil Ketua: Bambang Gunawan
Sekretaris: Abdul Basid

Nama Fraksi : Fraksi Partai Demokrat Nasdem Sarolangun
Ketua Fraksi: Akmal
Wakil Ketua: Subhan
Sekretaris: H Sadam Hidayat

“Terbentuknya fraksi untuk mengkoordinasikan kegiatan anggotanya, demi mengoptimalkan efektivitas dan efisiensi kerja Anggota Dewan, Fraksi juga bertanggungjawab untuk mengevaluasi kinerja anggotanya dan melaporkan hasil evaluasi tersebut kepada publik,” ujarnya Jum’at (27/9).

Tambah Ahmad Jani, usai terbentuknya fraksi bisa menjadikan wadah berhimpun semua Anggota Dewan yang kursi keterwakilkan partainya dan bisa mengoptimalkan kinerja anggotanya masing-masing.

“Rasa syukur yang tak terhenti hanya kepada Allah SWT, terima kasih atas kepercayaan dan amanah yang telah diberikan. Semoga kami diberi keselamatan, kekuatan dan kesehatan dalam menjalankan tugas yang mulia ini. Mohon do’a dan dukungannya untuk Sarolangun 5 tahun ke depan,” tutupnya.