JAKARTA, metro7.co.id – Organisasi kemasyarakatan pendukung Presiden Indonesia yang ke-7, Joko Widodo (PROJO) Jakarta Utara bersama Kelompok Tani Lampoh RKGT menggelar donor darah di Kawasan Kelapa Gading Timur, Sabtu (29/6/2024).

“Sebanyak 65 kantong darah terkumpul untuk menambah ketersediaan Palang Merah Indonesia (PMI) dalam memberikan layanan proses transfusi kepada masyarakat yang membutuhkan,” ujar Ketua Penyelenggara, Marihat Hutajulu saat ditemui Pewarta usai acara berlangsung.

Foto bersama PROJO Jakarta Utara bersama Kelompok Tani Lampoh RKGT. (Foto/Yos Casa Nova F).

Dalam kegiatan itu, Projo Jakut dan Kelompok Tani Lampoh RKGT dibantu dengan PMI Kota Administrasi Jakarta Utara. Ketua Projo Jakarta Utara, Victor Barutu menyatakan bahwa program tersebut menjadi bagian dari komitmennya dalam memberikan aksi nyata membantu masyarakat.

“Program donor darah ini bukan hanya sebagai upaya menjaga kesehatan pendonor, tetapi juga wujud nyata dari implementasi nilai-nilai kepedulian, solidaritas, dan kebersamaan. Sebab setetes darah kita sangat berarti bagi mereka yang membutuhkan,” tukas Victor yang dikenal sebagai Tokoh Masyarakat Jakarta Utara itu.

Sementara itu, Salah satu pendonor, Sapto Nugroho mengatakan antusias mengikuti kegiatan donor darah lantaran melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh. Menurutnya, donor darah bisa memperbaharui sel darah baru, analoginya, seperti makanan yang dicernakan harus dibuang, demikian juga dengan darah.

“Marilah seluruh warga untuk mengikuti donor darah. Selain tubuh sehat yang terpenting dapat membantu masyarakat yang membutuhkan transfusi darah, sedikit darah kita menjadi nyawa bagi mereka,” tandasnya

Pada kesempatan yang sama, Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Projo Jakarta, Hendry V Parengkuan mengapresiasi giat positif yang dilakukan oleh Projo Jakarta Utara. Pasalnya, manfaat pergelaran donor darah dapat dirasakan tidak hanya bagi para pendonor namun juga penerima donor yang tersebar di seluruh Wilayah DKJ Jakarta.

“Mungkin kelihatannya remeh, tapi ini langsung bersentuhan dengan masyarakat. Sesuai dengan motto Projo, Setia digaris Rakyat. Saya harap kegiatan yang dilaksanakan akan terus mendapatkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat sehingga kebaikan dan manfaat dapat dirasakan bersama,” tuturnya.

Pantauan Pewarta di Lokasi, Sebanyak 115 warga dengan antusias mengikuti kegiatan itu. Kemudian PMI melanjutkan registrasi, validasi data dan seleksi bagi pendonor. Bedasarkan seleksi yang dilakukan, kegiatan yang dilaksanakan berhasil mengumpulkan 65 Kantong darah yang telah lolos seleksi kesehatan awal. ***