BANGKA BELITUNG, metro7.co.id – Dalam rangka memulihkan lahan kritis eks tambang, jajaran Forkopimda Kabupaten Bangka bersama PT Timah Tbk menggiatkan reboisasi kawasan di hutan lindung pantai (HLP) Parit 40, Matras, Kecamatan Sungailiat, Kabupaten Bangka.

Bertajuk “Semarak Babel Penanaman Sejuta Pohon”, kegiatan yang diselenggarakan Selasa (23/7) pagi itu dihadiri oleh jajaran Forkopimda Kabupaten Bangka dan perwakilan PT Timah Tbk.

Kepala Unit Wilayah Produksi Bangka Utara PT Timah Tbk, Benny Pahala Hutahayan, berkata, perusahaan sangat mendukung penuh upaya reboisasi lahan kritis eks tambang ini.

Menurut Benny, kegiatan ini dapat memulihkan kembali fungsi hutan sebagai penyanggah ekosistem lingkungan hidup.

“PT Timah Tbk sangat dukung kegiatan semarak menanam yang dicanangkan oleh pj gubernur, karena di Babel banyak lahan kritis. Tapi dengan semangat kita menghijaukan Babel ini,” ungkap Benny di sela-sela acara.

Ia berharap, jika diadakan lagi kegiatan serupa, ke depannya jenis pohon yang ditanam adalah tanaman buah-buahan, supaya hasil panennya nanti bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Hal itu, kata Benny, seperti program penghijauan hutan di Penang, Malaysia, yang pernah dia lihat.

“Ada program pemerintah Malaysia agar jangan terjadinya longsor, mereka menanam durian di perbukitan. Kita harapkan nanti ada program ini dapat menghasilkan buah-buahan yang cocok untuk iklim di Babel, seperti mangga yang kita ketahui dahulu dari Muntok, Bangka Barat,” bebernya.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Bangka, M Haris, saat dihubungi secara terpisah, Selasa (23/7) sore, memberikan apresiasinya kepada para pihak yang terlibat dalam kegiatan.

Haris turut pula mengajak segenap komponen masyarakat supaya mau menanam pohon demi keberlangsungan masa depan generasi.

“Terima kasih kepada semua stakeholder yang telah ikut berpartisipasi dalam giat penanaman pohon tadi. Mari kita lestarikan lingkungan kita,” ucap Haris.

Dirinya pun mengatakan, kalau kegiatan ini tak hanya selesai hari ini, tapi akan diadakan lagi dengan melibatkan peran pelajar maupun organisasi masyarakat.

“Kegiatan penanaman tersebut akan dilakukan lagi dengan melibatkan semua siswa, LSM, dan ormas lainnya,” imbuh Haris.

Senada, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bangka, Ismir Racmaddinianto, juga turut memberikan dukungan penuhnya terhadap kegiatan tersebut.

Dirinya menjelaskan, pemerintah daerah sangat membutuhkan peran serta kontribusi PT Timah Tbk guna memulihkan lahan kritis di Kabupaten Bangka seluas 22.463 ha, yang perlu ditangani secara serius.

“Dengan semangat rakyat menanam (Semarak) Babel ini, dilaksanakan lewat kolaborasi pemda dengan seluruh pihak. Dalam hal ini, PT Timah berperan sebagai salah satu perusahaan yang ada di Kabupaten Bangka, untuk dilakukannya penanaman kembali,” papar Ismir lewat pesan seluler, Selasa sore.

Adapun, kegiatan Semangat Menanam Rakyat Bangka Belitung (Semarak Babel) ini merupakan program yang digagas oleh Pj Gubernur Bangka Belitung, Safrizal Zakaria Ali,

Mengangkat tema “Semarak Babel Penanaman Sejuta Pohon”, kegiatan penanaman pohon itu dilakukan secara serentak di beberapa wilayah yang ada di Provinsi Bangka Belitung.