ASAHAN, metro7.co.id – Bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Asahan, Bupati Asahan, H Surya melepas Kafilah Asahan untuk mengikuti MTQ ke-39 Tingkat Provinsi Sumatera Utara (Provsu), di Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan, Rabu (19/6).

Pada kesempatan ini, pimpinan Kafilah yang juga menjabat sebagai Kabag Kesra Setdakab Asahan, Basuki melaporkan, MTQ ke-39 Tingkat Provsu ini dilaksanakan sejak tanggal 20-30 Juli 2024 di Sipirok Kabupaten Tapanuli Selatan.

Untuk kafilah Kabupaten Asahan sebanyak 78 orang yang mengikuti MTQ tersebut yang terdiri dari 55 orang peserta, 11 orang pelatih, 9 orang official, 2 orang tenaga medis dan 1 orang pendamping cacat netra.

“Kafilah Kabupaten Asahan mengikuti seluruh cabang dan golongan kecuali cabang tilawah golongan cacat netra putri,” kata Basuki.

Sementara, Bupati Asahan pada pidatonya mengatakan, atas nama Pemerintah Kabupaten Asahan mengucapkan terima kasih kepada semua komponen masyarakat Kabupaten Asahan yang telah berpartisipasi sehingga terlaksananya MTQ sampai tahap ini.

“Event MTQ ke-39 Tahun 2022, Kabupaten Asahan mendapat peringkat terbaik 3 Tingkat Provinsi Sumatera Utara. Untuk itu saya berpesan agar mempertahankan peringkat ini,” ungkap Bupati.

Sebagai motivasi kepada para Kafilah, Bupati mengatakan, Pemerintah Kabupaten Asahan akan memberikan tambahan penali kasih berupa uang tunai kepada kafilah yang berhasil mendapat peringkat juara 1, 2 atau 3 pada event MTQ Tingkat Nasional di Kalimantan Timur nantinya seperti yang diberikan pada terbaik 2 remaja putra dan terbaik 3 fahmil putri Tingkat Nasional pada tahun 2022.

Kepada seluruh kafilah, Bupati berpesan, untuk menjaga diri dan pola makanan serta kesehatan, karena iklim di Kabupaten Tapanuli Selatan sedikit berbeda dengan iklim di Kabupaten Asahan.

“Kepada tenaga medis saya harap dapat memberikan pelayanan maksimal dalam memeriksa dan mengawasi kesehatan seluruh kafilah secara rutin agar senantiasa prima menghadapi event MTQ ini,” tutupnya.