JAKARTA, metro7.co.id – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri memastikan bahwa KPK akan mengawal Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2020. Firli mengatakan KPK berencana akan menemui para calon kepala untuk membahas pakta integritas sebagai upaya pencegahan korupsi.

“Kepada rekan-rekan gubernur, kami dari KPK sudah berjanji dengan kawan-kawan di daerah bahwa nanti kita akan ketemu seluruh calon kepala daerah tingkat provinsi dan kabupaten,” kata Ketua KPK Firli Bahuri dalam diskusi daring bertajuk ‘Sinergi dan Efektivitas Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi’, Rabu (24/6/2020).

“Maka kita akan hadir, kita akan menyampaikan dan kita juga ikut mengawasi bagaimana wujudnya pakta integritas, karena sesungguhnya korupsi itu terjadi, pertama, karena ada kekuasaan; kedua, karena ada kesempatan; dan yang ketiga adalah minusnya integritas,” sambung Firli.

Firli berharap para calon kepala daerah yang maju di Pilkada 2020 memiliki integritas yang baik. Karena itu, KPK akan mengawal seluruh kegiatan Pilkada 2020.

“Jadi kami akan kawal kegiatan-kegiatan Pilkada 2020 yang tersebar di 9 provinsi dan 270 kabupaten/kota,” ujar Firli. ***